Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

masalah Pengguna mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dan Cara Mengatasinya

masalah Pengguna mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dan Cara Mengatasinya-Berbicara mengenai mobil keluaran terbaru ini yaitu toyota calya dan daihatsu sigra. tentang DUA LCGC keluaran Toyota dan Daihatsu yang langsung memimpin penjualan mobil di tanah Air, bahkan bisa melampaui penjualan saudara tuanya yaitu Toyota Avanza.harga yang dibilang terjangkau untuk mobil toyota calya dan daihatsu sigra ini serta komposisi yang di dapat di fitur2 mobil ini banyak yang terpikat dan membawa pulang mobil duo LCGC ini.

masalah mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

masalah Pengguna mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dan Cara Mengatasinya


tetapi dibalik semua kelebihannya itu mobil MPV LCGC ini juga memiliki beberapa masalah.yang banyak disampaikan oleh pengguna mobil toyota calya dan daihatsu sigra yang berasal dari komunitas Calya Sigra Community (CALSIG) ini,Adapun diagram sekring CALYA-SIGRA lengkap yang bisa kalian ketahui.

dan berikut kita jabarkan semua keluhannya pengguna mobil toyota calya dan daihatsu sigra,dan juga sedikit solusinya mgkin bisa jadi menambah wawasan buat kita tentang mobil toyota calya dan daihatsu sigra ini.ok,berikut yang bisa kita rangkum:

 keluhannya pengguna mobil toyota calya dan daihatsu sigra

1. Kaca depan luar sering berembun pada malam hari atau saat hujan.

hal ini tentu akan menyebabkan visibilitas dan konsentrasi saat mengemudi menjadi terganggu. Kejadian ini disebabkan karena adanya perbedaan suhu di kabin yang lebih dingin. Dan juga hembusan saluran AC yang menerpa sebagian kaca depan.

dan Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin.


2. Putaran mesin kurang stabil atau pincang.

hal ini terjadi karena saat dilakukan pengecekannya diketahui bahwa ada koil yang mengalami kebocoran atau sudah tidak berfungsi,Solusinya adalah langsung dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan jika hal ini terjadi, tandanya adalah mesin terlihat goyang saat dalam keadaan idle dan disertai mesin  obil toyota calya dan daihatsu sigra kita brebet di rpm tertentu.


3. Bunya tek-tek pada bagian setir pada saat berbelok  kiri atau kanan.

Kemungkinan hal ini terjadi karena mobil toyota calya dan daihatsu sigra untuk sistem kemudinya belum menggunakan hidrolis.alangkah Sebaiknya pada saat berbelok jangan terlalu mentok atau patah agar terhindar dari bunyi gesekan pada bagian sepatbor dalam.


4. Jok belakang agak susah untuk dikunci dan perlu tenaga ekstra untuk melakukannya.

Hal ini terjadi karena adanya tambahan karpet dasar sehingga jarak kunci dan pengaitnya jadi renggang.untuk Solusinya adalah dengan melepas stopper karet yang terletak dibagian bawah rangka jok agar mudah menguncinya.


5. Perpindahan gigi cukup keras pada transmisi manual baik saat naik atau turun.

Hal ini disebabkan karena karena jarak main pedal koping terlalu dekat.untuk Solusinya adalah setting jarak main kabel koplingnya dan disesuaikan dengan keinginan kita sampai kita terasa nyaman.Bagian pengaturan pedal kopling ini ada di belakang radiator bagian bawah. Caranya cukup mudah dengan memutar bagian tersebut dengan tangan ke arah kiri untuk memperpendek atau ke kanan untuk memperpanjang


6. Selang Pembuangan Air AC mengarah ke bagian arm depan sehingga bisa menimbulkan karat jika dibiarkan terus.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan penambahan selang agar tidak langsung menetes kearah arm. Walaupun sebenarnya hal ini  tidak masalah karena bagian arm depan juga sudah dilapisi dengan cat.


7. Tangki bensin rawan bocor karena terbuat dari bahan plastik.

kebocoran bisa terjadi pada saat melewati polisi tidur dengan kondisi mobil diisi penuh tujuh penumpang.Sebaiknya tambahkan plat pelindung pada bagian tangki terutama untuk Anda yang sering melewati jalan rusak atau yang biasa membawa muatan penuh tujuh penumpang. Calya dan Sigra sebaiknya dibatasi isinya yaitu dengan berat 500 kg agar lebih aman dan tidak terjadi permasalahan di atas.


8 Mesin overheat karena ada angin palsu di dalam radiator.

Hal ini terjadi karena adanya kesalahan prosedur pada saat melakukan pengisian air radiator sehingga temperatur mesin menjadi naik.Untuk mengatasinya, lakukan pengisian ulang air radiator tanpa harus menguras yang sudah ada. Sebelum mengisi sebaiknya pastikan dulu kipas radiator berfungsi dengan baik. Lakukan pengisian bersamaan dengan dibukanya tutup bleeding udara (model kupu-kupu) dan pastikan air radiator keluar.


9. Ban Toyota Calya atau Sigra mudah meledak, hal ini disampaikan oleh komunitas Calsig (Calya Sigra Community).

Ban yang digunakan pada duo kembar ini adalah Bridgestone Ecopia dan sudah terjadi pada lima unit Sigra dan Calya. Menurut salah satu membernya, ban meledak terjadi pada saat berjalan pelan dan menabrak trotoar, pada saat mebabrak pelan tersebutlah ban nya langsung sobek tuh.PT Bridgestone Tire Indonesia akan mencoba mengecek ban tersebut, jika memang hal ini banyak terjadi pada konsumen.


10. Calya Sigra amblas jika diisi 7 penumpang.

Masalah ini memang sangat menggangu bagi pengguna Calya Sigra jika diisi dengan full muatan. Biasanya saat melalui polisi tidur, shock belakang akan bunyi "jedug".Untuk mengatasinya, pengguna calya bisa menambahkan alat dumper yang berguna untuk menahan per supaya tidak membentur pada ground bagian atas mobil. Pasang di per bagian belakang dengan ukuran dumper sekitar 3-4cm.


11. Kaca Belakang Rentan Pecah. 

Hal ini dialami oleh beberapa member Calsig (Calya Sigra Community). Kaca belakang pecah atau retak tanpa sebab yang jelas dan terjadi saat mobil di parkir. Sedangkan anggota yang lain juga mengalami kaca retak tak lama setelah menghantam jalan berlubang. Saat ini hal ini sedang di investigasi oleh pihak Daihatsu dan Toyota. Jika ada yang mengalami hal seperti ini, pihak Toyota menyarankan konsumen untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk pengecekan lebih lanjut. Dan jika ternyata ada cacat produksi atau faktor internal material, Toyota akan bertanggung jawab melalui garansi yang masih ada yaitu 3  tahun atau 100.000 km.


Itulah beberapa keluhan dan solusi yang wajib kitatahu dan bisa menjadi informasi pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Adapun diagram sekring CALYA-SIGRA lengkap yang bisa kalian ketahui.semoga bisa bermanfaat buat kamu yang akan,atau sudah memilikinya dan bisa menambah wawasan kita tentang mobil toyota calya dan daihatsu sigra ini.