Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Apa Arti Bergeming? Kata yang Pemaknaannya Sering Kali Salah

Arti Bergeming
Menurut kamu apa arti “bergeming”? Kata “bergeming” lumrah digunakan dalam percakapan sehari-hari dan digunakan dalam sebuah puisi. Namun, apakah penggunaannya selama ini sudah sesuai dengan makna kata “bergeming” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)?

Arti Bergeming

Menurut KBBI, kata “bergeming” memiliki makna ‘tidak bergerak sedikit juga’, ‘diam saja’. Kata tersebut dapat menggambarkan keadaan diam atau tidak bergerak. Makna dari kata “bergeming” dapat merujuk pada dua hal, yakni kegiatan fisik dan dimensi emosional.

Jika merujuk pada kegiatan fisik, kata “bergeming” bermakna keadaan seseorang yang tidak bergerak atau diam saja. Di sisi lain, arti “bergeming” juga dapat menggambarkan dimensi emosional yang tenang. Kedua makna ini dapat ditentukan berdasarkan pada konteksnya.

Contoh Penggunaan Kata Bergeming yang Benar

Paragraf di bawah ini telah menggunakan kata “bergeming” dengan tepat. Pada kalimat kedua, kata “bergeming” memiliki arti ‘diam saja’, yakni wanita tersebut hanya berdiam diri selama lima belas menit sembari menunggu bus yang datang.

Di tengah ramainya jalanan kota, seorang wanita duduk di trotoar dan bergeming selama hampir lima belas menit. Rutinitas ini sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kesehariannya. Sembari menunggu bus datang, berdiam diri menjadi cara untuk melepas penat.

Sejalan dengan paragraf sebelumnya, penggunaan kata “bergeming” di bawah ini juga tepat. Kata “bergeming” digunakan untuk menggambarkan keadaan emosional yang dialami Ani. Pikirannya merasakan ketenangan yang membawa kedamaian.

Pada liburan semester, Ani sekeluarga berkunjung ke rumah neneknya. Di sana, Ani bergeming sambil menatap hamparan hijau perkebunan teh di samping rumah nenek. Pemandangan yang menenangkan ini jarang dijumpai Ani di perkotaan.

Contoh Kesalahan Penggunaan Kata Bergeming

Contoh paragraf di bawah ini menggunakan kata “bergeming” dengan makna yang kurang tepat. Hal ini dikarenakan maknanya berlawanan dengan makna sebenarnya. Frasa “tidak bergeming” memiliki makna ‘tidak diam saja’ atau ‘bergerak’, padahal pada paragraf di bawah Andi hanya diam saja.

Melihat adiknya menangis, Andi tidak bergeming. Andi tidak mau menggedong dan mengajak adiknya untuk berjalan-jalan. Sebagai kakak, Andi tidak mau melakukan yang terbaik untuk adiknya, padahal adik Andi sangat suka menikmati udara di sekitar rumahnya.

Berikut ini contoh kedua dari penggunaan kata “bergeming” yang tidak tepat. Laki-laki pada paragraf di bawah hanya terdiam dan tidak dapat melakukan apa-apa. Kesalahan tersebut dapat diperbaiki dengan mengganti frasa “tidak bergeming” menjadi kata “bergeming”.

Mendengar celotehan dari tetangga, laki-laki ini tidak bergeming sedikitpun. Dia hanya bisa meratapi nasibnya tanpa bisa berbuat apa-apa. Suasana hatinya sudah kacau dan kecewa melihat tetangganya tega menuduh dirinya mencuri.

Selama ini arti bergeming seringkali dimaknai secara kurang tepat. Kata bergeming memiliki arti ‘tidak bergerak sedikit juga’ atau ‘diam saja’. Bila sebelum kata “bergeming” diberi kata “tidak”, maka maknanya akan berubah menjadi ‘tidak diam saja’ atau ‘bergerak’.

Dalam memanfaatkan sebuah kata, diperlukan kehati-hatian sebelum menggunakannya. Kesalahan pemilihan kata dapat mengakibatkan gagalnya penyampaian tujuan. Persoalan penggunaan kata “bergeming” sering kali tidak tepat dengan maknanya di KBBI.