Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Idarah adalah Bagian dari Manajemen Masjid: Ini Pengertian, Tujuan, Pembagian, dan Penunjangnya

Idarah adalah
Idarah adalah salah satu dari tiga aspek yang telah ditetapkan sebagai standar pembinaan manajemen masjid. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor DJ.II/802 tahun 2014. Selain Idarah, keputusan tersebut juga menyebutkan aspek Imarah dan Ri’ayah.

Pengertian Idarah

Kata Idarah berasal dari bahasa Arab idaratan yang bermakna administrasi, kelola, dan kepengurusan. Idarah adalah istilah yang kerap digunakan dalam pengelolaan manajemen sebuah masjid. Manajemen masjid mengatur berbagai hal, mulai dari kepengurusan hingga pembagian wewenang.

Idarah mencakup serangkaian proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Dalam konteks Islam, Idarah sering kali dikaitkan dengan manajemen masjid dan organisasi keagamaan. Namun, Idarah juga dapat diterapkan dalam konteks lain, seperti bisnis dan pemerintahan.

Tujuan Idarah Masjid

Tujuan Idarah adalah mengelola dan mengurus kegiatan serta aset masjid dengan baik. Hal tersebut berkaitan dengan penyediaan layanan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh jamaah dan umat Muslim. Misalnya saja, terlaksananya program-program pendidikan di masjid dan pengelolaan kegiatan ibadah.

Menurut Moh. E. Ayub, Idarah memiliki setidaknya 9 tujuan. Tujuan yang paling umum adalah pembinaan pribadi umat muslim agar menjadi mukmin dan pembinaan individu mukmin yang mencintai ilmu pengetahuan. Seluruh tujuan tersebut mengarahkan umat Islam untuk menjadi individu yang lebih baik.

Pembagian Idarah Masjid

Secara garis besar, Idarah dapat terbagi dalam dua bidang. Pertama, Idarah Binail Maadiy yang berkaitan dengan manajemen fisik. Kedua, Idarah Binail Ruhiy yang menyangkut tentang prosedur-prosedur pelaksanaan fungsi masjid.

1.      Idarah Binail Maadiy

Yang disebut Idarah Binail Maadiy adalah konsep manajemen yang menekankan pada aspek praktis dan material dalam pengelolaan. Fokus utama terletak pada pengelolaan sumber daya, pencapaian tujuan, dan efisiensi operasional. Bidang ini menekankan pentingnya penggunaan sarana dan prasarana.

2.      Idarah Binail Ruhiy

Istilah "Idarah Binail Ruhiy" sendiri berasal dari bahasa Arab. Di mana "Idarah" berarti manajemen atau administrasi, sementara "Binail Ruhiy" mengacu pada aspek spiritual atau kejiwaan. Idarah bidang kedua ini berkaitan tentang tata cara pemanfaatan fungsi keberadaan masjid.

Masjid digunakan sebagai pusat pembangunan muslim, kebudayaan umat, dan tempat pembinaan. Idarah Binail Ruhiy mencakup integritas, kejujuran, tanggung jawab sosial, empati, dan pemberdayaan individu. Hal ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang sadar akan kewajiban yang dimiliki.

Hal-Hal Penunjang Keberhasilan Idarah Masjid

Tingkat keberhasilan Idarah adalah tercapainya tujuan manajemen yang telah ditetapkan sebelumnya. Seluruh hal memegang peranan penting yang saling berkesinambungan. Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan agar keberhasilan Idarah dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang dirumuskan.

1.      Manajemen Kepengurusan

Pengelolaan kepengurusan yang optimal dan profesional dapat menunjang tujuan masjid. Setiap masjid pasti memiliki struktur organisasi yang membagi tugas dan tanggung jawab tiap individu. Koordinasi yang baik antar pengurus masjid dapat tercipta melalui kegiatan musyawarah dalam pengambilan keputusan.

2.      Manajemen Kesekretariatan

Keberadaan ruang kesekretariatan juga menunjang tercapainya Idarah. Kegiatan surat-menyurat, pusat informasi, dan susunan kepengurusan terpusat pada ruang kesekretariatan. Secara sederhana, kesekretariatan juga mengemban tugas humas yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

3.      Manajemen Keuangan dan Usaha

Kegiatan pencatatan dana harus tersusun rapi sesuai dengan prosedur. Dana yang masuk dan keluar harus dilaporkan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Hal-hal yang berkaitan dengan keuangan memerlukan pencatatan yang sistematis, tertata, dan terjaga.

Idarah adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan tentang pengelolaan manajemen sebuah masjid. Bidang Idarah mencakup pengelolaan perencanaan, pengorganisasian, administrasi, keuangan, pengawasan, dan pelaporan. Kamu dapat membacanya secara berulang untuk lebih memahami Idarah.