Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Penyebab honda accord Maestro brebet ndut-ndut an

Hallo sobat otomotif kalian pengguna honda accord maestro,punya kendala honda accord maestro brebet atau ndut-ndutan saat jalan apa saja ci  Penyebab Ndut – Ndutan dan mesin brebet di mobil honda accord maestro,
Honda maestro ndut ndutan

Honda accord maestro mobil dengan Umur yang tua wajar lah kalau mesin mengalami gejala brebet atau ndut-ndutan,tentunya sebagai pengguna mobil tua honda accord maestro kita harus tau penyebab penyebab accord maestro ndut ndutan atau brebet.

Kali ini saya akan ulas penyebab penyebab honda accord maestro brebet dan ndut ndutan,berikut ini faktor penyebab mobil maestro ndut ndutan dan mobil accord maestro brebet serta sedikit cara menangani mobil maestro brebet,ok langsung saja sobat otomotif simak penyebab accord maestro brebet dan ndut ndut an:

1. Setingan CO tidak tepat.

setingan CO yang terlalu banyak atau pada gambar dibawah ini ( terlalu ke kiri semisal antara 0 sampai 100 derajat ) bisa menyebabkan honda accord maestro ndut ndutan saat dipakai untuk perjalanan jauh,Terutama sering terjadi pada posisi gigi 3 dan di rpm 1500.
Accord maestro ndut ndutan


Untuk Ecu maestro seperti halnya ecu mobil accord cielo atau genio masih menggunakan soket lama non OBD 1 atau OBD 2.Ecunya  Fixed , jadi  kita hanya bisa menggunakan Engine analiser / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa mensettingnya.
Untuk Posisi  ECU dibawah kaki penumpang depan,Di bawah karpet bawah kabin honda accord maestro
Setelan nya adalah 180 derajat maksimal dari kiri ke kanan.
Apabila setelannya diputar CCW ( berlawanan jarum jam )maka  CO makin tinggi,Dan sebaliknya apabila diputar CW ( searah jarum jam ) CO makin rendah.
CO tinggi menujukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya.
Untuk Cara setting gampang kug sobat otomotif,seperti ini : putar mur maksimal ke kanan ( miskin / Lean ),lalu kurangi sekitar 10 s/d 15 derajat kekiri ( rich ).
dengan cara itu,akan bisa 80 persen menghilangkan gejala ndut ndutan di mobil honda maestro kalian sobat.

2. Setelan Valve Tidak Tepat.
Stel Kerenggangan Valve sesuai standart pabrikan.
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0.3 mm
User honda accord maestro sudah mencoba kombinasi kerengganan katup dari 0,1 sampai 0,35.
Hasilnya yang memiliki kompromi tenaga dan FC yang terbaik adalah kerengganan 0,25 in dan 0,3 ex.
Setting renggang boleh dicoba untuk perbandingan:
Setting  kerenggangan  0,3 in dan 0,35 ex.
Efeknya :
FC sedikit agak membaik , mungkin naik sekitar 0,2 km/liter. ( tidak terlalu signifikan )
Akselerasi sedikit lebih baik.
Suara mesin jauh lebih kasar. Terutama pada rpm diatas 2500 dan seperti ada suara dengkuran kucing pada rpm 3000 keatas jadi sedikit gak recomendasi.

3.Setelan Pengapian mobil honda accord maestro tidak tepat.
Seting Pengapian yang terlalu mundur akan memperparah ndut ndutan dan brebet di mobil maestro kalian.
Untuk Set waktu pengapian yang sesuai,Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian.
Tapi untuk kondisi mobil yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah.
Maestro tidak memiliki ECU yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru , yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking/ ngelitik.
jadi kita harus mensettingnya secara manual,Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin,Putaran distributor mundur ( retarded ) adalah searah putaran mesin.
Untuk Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V- belt power steering atau AC saat mesin hidup.
Dan untuk Cara seting pengapian di mobil honda accord maestro biar tidak brebet dan ndut ndut an:
Kendorkan 3 bautnya.
Putar distributor ke depan atau ke belakang,Putar mendekati maksimal kebelakang agar pengapian maju / advanced.
Lalu lakukan trial error start mobil Masukkan gigi 2 dan Gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih Akan terdengar suara knocking yang cukup keras.
Matikan mobil,Putar distributor ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).
Lakukan kembali langkah seperti langkah pertama yaitu gas poll  mobil pada gigi 2 sampai rpm 4000. Putar distributor ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit ( mungkin putaran setiap 1 mm / milimeter ).Lakukan terus sampai suara kocking hilang. Apabila dirasa setingan sudah tepat ( sudah tidak terdengan suara knocking ) maka kencangkan 3 baut distributor.
Apabila langkah dilakukan dengan benar,maka pengapian mobil sudah di stel maju maksimal ( limit ) tanpa ada knocking.  Biasanya suara mobil lebih halus dan tarikan lebih instan.

4. Kerusakan CDI mobil maestro

Untuk Ciri kerusakan cdi di mobil accord maestri mesin akan terasa ndut2an brebet dan sampai mati Tidak ada api di busi.Kerusakan terjadi saat meginjak usia 13 tahun.
Untuk Posisinya di dalam distributor. Lepas distributor terlebih dahulu.

5. Percikan api di distributor yang terhalang dan hambatan terlalu besar.
Biasanya terjadi karena karbonnya patah sehingga celahnya terlalu lebar.

6. Kerusakan Kabel Busi mobil honda accord maestro.

Cek kabel busi dengan Ohm Meter. Kabel busi yang paling panjang tahanannya / ohmnya lebih besar dari yang pendek memang wajar dan Bukan suatu kerusakan.

7. Throthle Body  dan Injector Kotor.
Bersihkan dan bongkar throtel body serta injector sendiri atau kalau malas gunakan carburator cleaner semprot 1 atau 2 kaleng. Tanpa membuka throthle  body. Lakukan saat akan mengganti OLI  mesin agar oli tidak terkontaminasi.

8. Bersihkan Ruang Bakar  dan valve dan harus turun 1/2 mesin

Itu dia sobat otomotif penyebab gejala accord maestro brebet dan ndut ndut an untuk mencegah mobil honda accord maestro kita brebet alangkah baiknya kita harus servis atau Tuneup secara menyeluruh dan berkala agar hasilnya memuaskan,semoga penjelasan penyebab honda maestro brebet dan ndut ndut an ini bermanfaat bagi sobat otomotif.terima kasih