Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diagram Selang Pada Cooling System honda Accord Maestro

Diagram Selang / Pipe Pada Cooling System Accord Maestro

Berikut adalah gambar selang2 atau pipa2 pada cooling system honda accord maestro.

Selama 19 tahun memakai maestro , berikut saya adalah selang2 yang perlu mendapat perhatian karena pernah mengalami kebocoran akibat usia.

Selang atau pipa tersebut masing2 pernah saya ganti satu kali.

Yang perlu diperhatikan adalah , untuk selang2 karet , gantilah mengunakan selang orisinal , karena usia jauh lebih baik. Bisa sekitar sepuluh tahun estimasi saya.

Harga memang sedikit lebih mahal. Mungkin sekitar 80 sampai 125 ribu rupiah.

Sementara selang selang lainnya masig memiliki kondisi baik belum pernah saya ganti sejak baru.

 Keterangan:

1. Pipa radiator atas ( bahan karet ). Saya ganti karena sudah getas dan mengkilat. Tidak mengalami kebocoran.

2.Pipa radiator bawah ( bahan karet ) saya ganti walaupun sebenarnya kondisinya masih baik. Tapi mengingat usianya sudah belasan tahun saya ganti dengan yang baru.

3.Selang kecil konektor antara engine jacket dan termostat. Semacam selang bypass. saya ganti akibat selang kembung dan bocor. Kembung terjadi akibat ada kebocoran oring dari delco/ distributor sehingga oli menetes ke selang dan merusaknya. posisi di bawah distributor.

4. Pipa konektor water pump menuju termostat. bahan BESI, rusak parah akibat karat pada usia ke 17 tahun , karena sebelumnya pemakai tidak menggunakan coolant. Ciri2 ada tetesan coolant dari atas filter oli. Diganti dengan produk taiwan seharga 90 ribu , kualitas baik hampir setara orisinil. Mencari yang orisinil agak susah..  Estimasi usia belasan tahun.

Gambar dibawah mempermudah kita untuk mencari jalur pipe pada cooling system maestro serta memeriksa kemungkinan terjadinya kebocoran.

close