Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengungkap Fenomena Vaping (rokok electric) & Smoking (rokok tembakau) yang terjadi saat ini

Bagi yang belum mendapat informasi tentang vaping, lewat tulisan ini, pembaca mungkin dapat lebih memahami tentang fenomena yang ada saat ini. Vape / Vaping adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti menghirup uap air (vapor) atau menguap. Sebuah aktivitas yang dilakukan para pengguna vaporizer atau rokok elektrik. Pada umumnya, vaporizer terdiri dari komponen Mod, Rebuildable Dripping/Tank Atomizer, Baterai dan Liquid (cairan yang bertransformasi menjadi uap air) berbagai macam rasa.
smoking vs vaping


Sedangkan untuk smoking rokok tembakau sendiri, saya kira tidak perlu dijelaskan lagi karena masyarakat sudab umum mengetahui bahaya rokok dan tentunya rasa rokok itu sendiri.

Menyikapi Fenomena Vaping (rokok electric) & Smoking (rokok tembakau) tentu saja menuai pro dan kontra dari beberapa elemen masyarakat umum, kedokteran & bahkan pemerintah.

Jika ditinjau dari sosial masyarakat, ada yang beranggapan bahwa rokok electric lebih ramah lingkungan, baunya yang tidak terlalu menyengat, tidak jarang menjadi alasan teman dekat di sekitar kita tidak protes jika kita melakukan vaping.

Untuk masalah kesehatan. Salah satu kelemahan paling utama dari aktivitas vaping ini adalah belum dilakukannya penelitian jangka panjang guna mencari tahu efeknya di kemudian hari. Sampai pada saat artikel ini diturunkan tidak ditemukan adanya efek samping penggunaan rokok elektrik tapi sangat dianjurkan bagi pengguna vape pemula (perokok yang mencoba berhenti dari kebiasaan merokok tembakau) untuk bergabung dengan komunitas guna mendapatkan informasi yang tepat agar tidak kerepotan menggunakan komponen-komponen yang bersinggungan dengan rangkaian elektronika (electronic device). Para pengguna vape juga mengakui bahwa efek yang hadir ketika aktif merokok tembakau sudah tidak dirasakan lagi, seperti sesak nafas pagi hari, bau mulut dan masalah pernafasan lainnya.

Dari segi keuangan negara, jelas rokok electric tidak terlalu banyak menyumbang pundi-pundi rupiah untuk Indonesia. Pasalnya, bea cukai pada rokok tembakau sudah kita ketahui sangatlah besar. Bahkan bisa dikatakan, sebagian besar sumber cukai Indonesia diperoleh dari rokok tembakau.

close