Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WAJIB TAU!! Air radiator mobil Pakai coolant/air AC/AIR biasa

 Ketika kita membeli mobil kita harus tau kegunaan air coolant bagi mobil kita memang sangat lah penting sama pentingnya dengan kegunaan oli mesin.


air radiator yang harus kita pakai di mobil kita itu harus air coolant atau air AC atau AIR BIASA,
Air coolant adalah air yang berfungsi untuk mendingin kan mesin dari dalam melalui celah-celah mesin yang di dingin kan melalui sirkulasi ke radiator mobil.

Lantas air coolant apakah yang cocok untuk mobil kita?
Semua air coolant sama fungsinya baik merk apapun warna apapun.

Untuk mobil-mobil baru kita g perlu kawatir air radiator yang cocok pasti semua jenis air coolant cocok dan tidak dianjurkan pakai air biasa maupun air ac

Dan untuk mobil-mobil tua harus bagaimana memilih nya?

Berikut ini mari kita bahas air radiator yang harus kita pakai di mobil kita itu harus air coolant atau air AC atau AIR BIASA,
Ada beberapa pertimbangan yang harus sobat otomotif tau tentang pemakaian air radiator yaitu.

1.bila mobil kita sudah menggunakan air coolant untuk air radiator jangan di ganti pakai air AC ATAU AIR BIASA karena lebih bagus AIR COOLANT drpada AIR AC DAN AIR BIASA UNTUK mencegah korosi dimesin dan radiator.

2.bila mobil yang kita dapat sudah tidam memakai air coolant sebagai pendingin mesin radiator maka pertimbang kan lagi untuk menggantinya dengan AIR COOLANT karena kalau sudah memakai air biasa atau air ac pasti di mesin dan di dalam radiator ada kerak-kerak korosi yang disebabkan air biasa itu,dan ketika kita mengganti dengan air coolant kerak-kerak tersebut akan rontok dan bisa menyumbat celah-celah kecil tempat air radiator berputar dimesin dan bisa menyumbat lubang-lubang dalam radiator lalu mengakibatkan radiator tersumbat dan bisa fatal seperti bisa mengakibatkan selang radiator jebol.
Lantas bagaimana untuk mobil yang sudah terlanjur menggunakan air biasa untuk air radiatornya?
A.kita tetap pakai air biasa atau air ac lebih bagus tetapi dengan syarat kita selalu cek beberapa hari sekali tabung tampungan radiator dan air didalam radiatornya karena air kalau panad pasti menguap dan habis di dalam radiatornya.
B.usahakan dalam jangka 3-4 bulan kita kuras air radiator dan mengganti air radiator yang baru dengan air ac kalau ada.

3.kalau kita ingin mengganti air radiator dimobil kita yang sudah terlanjur menggunakan air biasa atau AC dengan air coolant apa yang harus kita lakukan. Bisa kalian campur sedikit air coolant dengan air biasa lalu dalam beberapa minggu kita kuras dan bersihkan kotoran atau kerak yang terkelupas akibat campuran coolant tadi.atau kita bisa ganti radiator dengan yang baru dan bersihkan atau gurah kerak celah2 air radiator di mesin kalau sudah bersih baru kita bisa mengganti air radiator yang biasa pakai air dengan air coolant.


Itu dia sobat otomotif tentang air radiator mobil yang wajib kita tahu,semoga bisa menambah wawasan kita dan bisa bermanfaat buat kita semua,terima kasih.
close