Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

PENYEBAB HONDA JAZZ GD3 BREBET NDUT-NDUTAN

PENYEBAB HONDA JAZZ GD3 BREBET NDUT-NDUTAN-Hallo sobat otomotif kali ini kita akan bahas tentang Honda Jazz I-DSI atau V-TEC keluaran awal sering tiba-tiba tersendat-sendat atau brebet,pasti kalian pengguna honda jazz gd3 generasi pertama ini pernah mengalami atau sedang mengalami mobil honda jazz idsi vtec atau gd3 kalian brebet dan ndut-ndutan.

PENYEBAB HONDA JAZZ GD3 BREBET NDUT-NDUTAN

PENYEBAB HONDA JAZZ GD3 BREBET NDUT-NDUTAN
Dari yang pertama kali bisa masalah ditemukan dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai peruntukkannya yaitu bahan bakar (Premium) dibawah RON 90. Coba kalian ganti dengan bahan bakar pertamax apakah honda jazz gd3 kalian masih brebet dan ndut-ndutan.

komponen-komponen penyebab honda jazz idsi/vtec ndut-ndutan


Kalau honda jazz idsi/vtec kalian masih tetap ndut-ndutan dan brebet bisa cek komponen-komponen mesin dibawah ini:

1.komponen sistem pengapian.

Yang harus komponen pertama kita cek yaitu komponen pengapian seperti koil dan busi,apakah busi ada yang mati atau koil ada yang mati atau bisa busi kita bersihkan.

rekomended beli BUSI disini gan kualitas dan harga dijamin  store racing busi honda jazz dan store busi original honda jazz

2. Masalah TPS (Throttle Position Sensor)

Ini adalah salah satu penyebab utama tersendatnya mesin mobil Honda Jazz, yaitu sensor penunjuk posisi skep gas atau Throttle Position Sensor (TPS). Sensor ini bisa ditemukan pada throttle body, atau rumah skep gas. Ciri-cirinya adalah adanya kabel gas di seberang TPS pada throttle body. Jika TPS ini mengalami masalah, maka biasanya mesin mobil bakal tersendat. Kejadian tersebut akan terasa pada saat mesin mobil berada pada putaran rendah.

Hal tersebut terjadi karena kemungkinan besar TPS tidak bisa berfungsi dengan baik untuk memberikan informasi yang akurat, mengenai posisi skep gas. Misalnya, jika seharusnya gas sudah membuka pada posisi 25 persen, akan tetapi TPS baru membaca hal tersebut sekitar 5 atau 10 persen. Hasilnya adalah tenaga mobil menjadi lemah, dan bisa tersendat-sendat jika pada mobil sering dilakukan buka tutup gas, seperti pada saat kondisi jalan sedang macet. Gejala ini juga bisa dirasakan saat deselerasi atau pengereman. Putaran mesin mobil yang turun secara mendadak, tiba-tiba seakan terasa mau mati, akan tetapi tidak sampai mati dan masih bisa stationer. Sayangnya adalah, TPS ini sulit sekali ditemukan dan di beli di pasaran. Yang paling sering terjadi adalah untuk mendapatkannya anda harus membeli satu set throttle body, dengan harga yang mahal, sekitar Rp 4,5 juta. Sedangkan untuk yang bekas saja harganya Rp 1,7 juta. atau cek disini lengkap recomended TPS honda jazz.

PENYEBAB HONDA JAZZ GD3 BREBET NDUT-NDUTAN

3. Masalah EGR (Exhaust Gas Recirculation)

Kegunaan piranti ini adalah untuk mengalirkan sebagian gas buang kembali ke ruang bakar mesin. Pengaktifannya dilakukan oleh ECU, dan merupakan salah satu upaya untuk menekan emisi. Akan tetapi kalau macet, katup EGR ini bakal terus membuka, sehingga gas buang akan terus mengalir ke ruang bakar. JIka katup EGR ini membuka, maka akan terjadi kebocoran intake. Hasilnya adalah mesin mobil akan menjadi pincang, karena tingkat kevakuman intake menjadi berkurang. Gejalanya adalah mirip busi mobil mengalami mati satu buah. Kejadian ini bahkan bisa memicu engine check menyala. Jika masalah tersebut terjadi, langkah yang harus anda lakukan adalah menggantinya, dengan harga yang relatif murah, tidak sampai mencapai Rp 1 juta.
PENYEBAB HONDA JAZZ GD3 BREBET NDUT-NDUTAN



4. Valve Body Matic

Transmisi otomatis bisa juga menjadi penyebab tersendatnya mobil Honda Jazz. Dalam beberapa kasus, masalah ini masih bisa diatasi dengan mengganti saringan dan membersihkan valve body pada transmisi CVT. Sayangnya, untuk mengganti saringan tersebut perlu melakukan pembongkaran transmisi. Asalkan bukan belt dan puli, kalau dua piranti ini yang terkena masalah, maka harus diganti dengan yang baru.


5. Soket-soket kendur

Sambungan kabel melalui soket-soket juga bisa menjadikan mesin menjadi pincang dan tersendat-sendat. Uniknya adalah gejala gangguan mesin ini tidak terdeteksi oleh scanner. Jadi jika mesin Honda Jazz anda tersendat, cobalah untuk mengencangkan setiap soket di mesin mobil, termasuk soket menuju ECU yang berada di balik firewall.


Itu dia sobat otomotif cek jika honda jazz idsi/vtec kita tersendat-sendat brebet atau ndutan dan komponen2 yang biasanya mengabitkan mobil honda jazz gd3 brebet,semoga bisa menambah wawasan tentang honda jazz gd3 kita,terima kasih.