Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara Membersihkan Interior Mobil Sendiri

Cara Membersihkan Interior Mobil Sendiri – Pada kali  ini akan membahas tentang bagaimana cara membersihkan interior mobil. Untuk cara membersihkan eksterior mobil sebenarnya sangatlah mudah dan tidak usah ribet cukup hanya di cuci, dengan membelikan shampo memakai ph balance atau shampo+wax supaya warna mobil menjadi lebih cerah.

Cara Membersihkan Interior Mobil Sendiri
Sedangkan untuk membersihkan interior mobil juga tidak lah terlalu rumit yaitu dengaan menyiapkan alat seperti lap lembut, lap microfiber atau jika tidak ada bisa menggunakan lap dari handuk yang teksturnya halus, serta kuas dan vacum cleaner buat mobil.


Sedangkan untuk bahan pembersih yang digunakan membersihkan dapat memakai air bersih serta interior cleaning (interior cleaner), untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Langkah-Langkah Pembersihan Interior Mobil

1. Cuci eksterior terlebih dahulu supaya mobil menjadi bersih dan kita nyaman pada saat membersihkan interior pada mobil. Selanjutnya setetelah mobil bersih lakukan langkah pembersihan selanjutnya.
2. Pilihlah tempat yang bersih dan juga segar untuk membersihkan interior mobil, dan jangan membersihkan interior pada tempat yang ramai serta berdebu dan pinggir jalan yang panas. Maka pilihlah tempat yang sejuk, dengan udaranya yang bersih serta cukup nyaman untuk kita saat membersihkannya.
3. pertama-tama bersihkan kotoran yang terlihat dengan jelas pada bagian interior, misalnya seperti kerikil-kerikil atau tanah yang ada atau menempel pada karpet mobil.
Bila karpet mobil terbuat dari bahan karet maka dapat langsung dilepas serta dicuci atau disikat. Para pecinta otomotif juga dapat membersihkan dibagian dalam dengan memakai kuas atau sapu kecil supaya debu dan kerikil-kerikil yang tersisa bisa tersapu keluar.
4. langkah untuk membersihkan di bagian dashboard serta dinding-dinding mobil dibagian dalam gunakanlah lap setengah basah, dengan cara celupkan lap atau lap microfiber ataupun handuk halus ke dalam air kemudian peras.
Setelah lap diperas (kondisi kain setengah basah) langsung usapkan pada interior mobil agar dapat mengangkat debu-debu halus yang mungkin tersisa atau menempel di interior mobil terutama pada bagian dashboard serta dinding interior. (caranya seperti mengepel lantai rumah)
5. Setelah dirasa debu terangkat semua oleh lap yang agak basah tadi dan tidak ada debu yang menempel lagi, selanjutnya siapkan interior cleaner, interior cleaner dan komponen tersebut dapat dibeli di bengkel-bengkel variasi mobil atau bengkel perawatan mobil dan harganya cukup murah sekitar Rp. 30 ribu dengan merk 3M.

Caranya semprotkan interior cleaner di dashboard mobil atau bagian lain yang ingin anda bersihkan, sambil anda menyemprot maka bisa sekalian di lap dengan menggunakan lap microfiber yang kering.

Karena untuk interior cleaner ini selain gunannya dapat menarik kotoran yang telah menempel pada interior mobil (membersihkan) bisa juga  mengkilapkan, maka sekali gosok kita mendapat dua manfaat bersih serta mengkilap.

Cara Membersihkan Bagian-bagian Interior Mobil

Bersihkanlah semua pada bagian dalam mobil dengan interior cleaner serta lap microfiber ini mulai dari dashboard, pilar-pilar mobil bagian dalam, stir, pintu bagian dalam mobil sampai ke bagian belakang mobil (yang terbuat dari plastik).

Janganlah takut untuk mengelap stir karena interior cleaner ini meskipun bisa mengkilapkan stir dan komponen interior lain akan tetapi tidak akan membuat licin (maka tetap aman untuk dipegang)

Cara Membersihkan Jok Berbaha Kulit Atau Beludru

Untuk bagian jok yang bahannya terbuat dari kulit sintetis atau kulit, membersihkannya cukup mudah yakni dengan memakai leather cleaner,  tetapi untuk jok yang berbahan beludru atau kain membersihkannya cukup sulit.

Untuk jok yang berbahan kain atau beludru bisa memakai shampo bayi atau detergen lembut, caranya campurkan shampo bayi secukupnya dengan air dan aduk sampi merata, selanjutnya gunakan spons sebagai alat untuk membersihkannya.

Celupkan spons pada air dan shampo tadi dan remas atau peras sampai air tersisa tinggal sedikit kemudian usapkan pada jok yang berbahan kain yang bernoda, caranya usaplah dengan harus dan jangan terlalu keras tetapi secara berulang-ulang serta searah sampai bersih kemudian keringkan.

Untuk jok berbahan kain atau beludru seringkali banyak menempel debu yang berada di dalam jok, pada kondisi kering gunakanlah vacuum cleaner (atau dengan vacuum cleaner khusus mobil) digunakan untuk menarik debu didalam jok kain,

Untuk saat ini  ada banyak vacuum cleaner untuk mobil dan harganya cukup relatif murah dari 60 ribu sampai 250 ribu. Vacuum sampai debu di dalam jok benar-benar bersih.

Bila terpaksa tidak adanya vacuum cleaner maka untuk cara yang dapat dilakukan adalah dengan tempatkan mobil di ruang terbuka serta bersih yang banyak angin, misalnya pada ketinggian bukit atau gunung.

Caranya buka semua pintu mobil dan pukul-pukul jok kain sampai semua debu keluar serta tertiup angin, Resikonya jika interior kotor kembali, tidak masalah maka lakukan langkah 1 sampai 5 diatas supaya bersih kembali.

Mudah bukan cara membersihkan interior mobil? Caranya cukup sederhana serta bisa dilakukan sendiri di rumah, demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.