Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara Mengetahui Ciri – Ciri Transmisi Mobil Matic rusak

Cara Mengetahui Ciri – Ciri Transmisi Mobil Matic Terjadi Kerusakan – Penyebab masalah kerusakan pada transmisi mobil ada banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya selain sudah aus dan perlu diganti dengan yang baru, juga karena kesalahan mengemudi dalam penggunaannya, apabila mengalami kerusakan tentu saja anda akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk memperbaikinya, dan disarankan supaya anda tidak menggunakan part sembarangan karena itu dapat mempengaruhi kinerjanya yang tidak akan optimal dibandingkan jika anda membeli part asli bawaan pabrik. Perlu anda pahami transmisi merupakan komponen yang sangat penting penghantar tenaga yang dihasilkan mesin menuju ke roda, namun ternyata ada banyak sekali tanda kerusakan transmisi yang bisa kita rasakan sebelum transmisi tersebut rusak semakin parah.

Cara Mengetahui Ciri – Ciri Transmisi Mobil Matic rusak

Kenali Tanda Transmisi Sebelum Rusak Lebih Parah
Tanda yang pertama yang bisa kita analisa adalah dengan melihat lampu check engine, mudah saja untuk kita ketahui jika pada lampu indikator ada yang menyala itu pertanda terdapat masalah pada transmisi atau kelistrikannya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut segera anda bawa mobil anda ke bengkel supaya kerusakan dapat teratasi sedini mungkin, ini bertujuan supaya kerusakan tidak menyeluruh dan tidak berakibat fatal nantinya. Sayangnya tidak semua jenis mobil sudah menggunakan lampu check engine, lampu check engine hanya terdapat pada mobil keluaran terbaru saja, untuk mobil keluaran lama belum menggunakan fitur tersebut, sehingga sedikit mengalami kesulitan.

Tanda kerusakan yang berikutnya adalah apabila terdengar suara kasar yang berasal dari transmisi, segeralah anda lakukan pemeriksaan atau anda bisa membawanya kebengkel langganan anda supaya segera diperbaiki, hal semacam ini biasanya banyak diabaikan oleh pemilik mobil sehingga ini bila terus dibiarkan akan merusak beberapa komponen lain karena terjadi gesekan yang tidak seimbang seperti pada differential ataupun CVT joint, selain itu tanda lain juga bisa diketahui seperti terdapat bau terbakar yang menyengat ini bisa disebabkan karena kopling mengalami overheat karena bekerja terlalu keras, jika hal itu terjadi solusinya adalah segeralah anda periksa oli kopling karena overheat biasanya akan mengurangi volume oli didalamnya.

Kemudian tanda yang selanjutnya adalah dengan memastikan transmisi tidak bergeser dari tempatnya, dalam kondisi normal transmisi akan tetap ada pada tempatnya meskipun dilakukan pemindahan. tetapi jika anda mengalami maasalah seperti itu mungkin bisa disebabkan  pada transmisi kurang oli, cara mengatasinya adalah dengan memeriksa keadaan oli transmisi lalu ganti dengan yang baru dan silahkan coba kembali.

Berikutnya apabila anda sedang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan merasakan getaran yang muncul secara tiba – tiba, itu kemungkinan masalahnya terletak pada transmisi anda yang sudah aus atau tak stabil. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah mobil anda untuk memastikan tidak ada rembesan oli yang menetes, jika anda menemukan rembesan oli itu biasanya berasal dari transmisi atau minyak rem, segera periksakan ke bengkel untuk mengatasi masalah tersebut dan selanjutnya jangan lupa lakukan perawatan secara berkala agar masalah serupa tidak terulang kembali.

Tanda – tanda diatas hanya sebagian kecil saja yang berhasil kami bagikan untuk anda maasih banyak lagi penyebab lain yang menyebabkan transmisi mobil anda mengalami kerusakan. Apabila terdapat ciri-ciri tersebut pada mobil anda segera bawa mobil kesayangan anda ke bengkel agar masalahnya cepat teratasi, yang tidak kalah penting juga sebaiknya anda pilih bengkel yang sudah punya nama baik yang sudah terpercaya, atau anda bisa memilih bengkel khusus sesuai brand kendaraan anda, supaya hasilnya tidak mengecewakan kemudian.

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai ciri-ciri kerusakan pada transmisi mobil kali ini semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.