Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati Semua

Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati Semua – Pernahkan anda pemilik atau pengguna mobil mengalami masalah seperti sistem kelistrikan mobil yang tiba-tiba mati total, indikator pada dashboard mati, seperti semua lampu juga mati, saat kunci kontak di putar searah jarum jam tidak menunjukkan reaksi apa-apa?

Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati Semua


Jika anda mengalami masalah seperti ini paasti jengkel rasanya, cobalah mencari di Internet apasaja sebabnya tetapi tidak menemukan jawabannya, maka pada kali ini  akan membahas mengenai lampu indikator mobil mati dan cara mengatasinya.

Masalah matinya pada sistem kelistrikan mobil tersebut biasanya sering terjadi pada disaat mobil berhenti, saat mobil menyala atau sedang dalam perjalanan tidak ada masalah yang terjadi, akan tetapi disaat mobil dimatikan beberapa saat kemudian kita coba menyalakan akan tetapi mobil tidak bisa menyala sama sekali.

Jangan Panik Jika Lampu Indikator Mati

Hal tersebut sering terjadi pada mobil yang sudah tua atau berumur, akan tetapi jika anda tidak tahu penyebabnya maka kita panik serta buru-buru menelpon teknisi atau bengkel padahal sangat sederhana untuk  mengatasi mobil mati total ini.

jika pada semua perangkat yang berhubungan dengan kelistrikan tidak bisa dinyalakan maka penyebab utamanya ialah terputusnya aliran listrik yang dari aki, jika sudah mengtahu penyebabnya maka tinggal membenahi atau memperbaiki masalahnya

Buka Kap Mobil dan Benarkan Aki

Cara unyuk mengatasinya yaitu benarkan aki, karena sebagian besar masalah terputusnya aliran listrik dari aki, berikut ini disebabkan oleh adanya :

• Penyebab yang paling sering terjadi adalah kurang eratnya sambungan pada kabel aki ke kutub aki, ternyata hal tersebut yang sering menjadi masalah atau penyebab kenapa mobil sering mati disaat berhenti di saat-saat tertentu.

• karat atau korosi pada kutub-kutub (kabel aki), karat tersebut dapat menghambat penyaluran listrik dari aki ke perangkat atau komponen mobil.

• Selain masalah korosi atau karat yang biasa terjadi ialah adanya pengendapan atau tumpukan kerak, biasanya seperti serbuk putih pada kutub-kutub aki, penyebab adanya serbuk putih ini adalah hasil dari reaksi kimia pada aki, biasanya terjadi jika sambungan kabel aki yang kurang rapat.

• Masalah selanjutnya mur baut yang terdapat pada kabel aki yang menjepit kutup aki akan tetapi tidak terlalu kuat atau longgar, hal tersebut menyebabkan kabel aki akan terlepas atau kabel aki tidak lagi menyentuh kutub-kutub aki sehingga listrik pada mobil tidak lagi mengalir.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Mati

Cara mengatasinya cukup mudahi, anda tinggal membuka kap mobil sehingga anda dapat melihat kondisi aki, jika terdapat mur baut yang longgar yang menjepit kutub aki, maka lakukan dengan mengencangkan dan pastikan anda mengikat erat pada kutub aki.

Jika pada kutub aki terdapat kotoran atau karat serta serbuk putih pada kutub aki maka segera bersihkan, kemudian setelah berih pasang kembali. anda tidak perlu takut untuk memegang aki karena tidak akan menyetrum kita (arus DC), tetapi sebaiknya kunci kontak dilepas dulu sebelum melakukan perbaikan aki ini.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat jika anda sedang mengalami masalah tersebut, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini