Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar

Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar dan Bunyi Mobil yang Bermasalah-Sejatinya, suara mesin berbahan bakar bensin pada mobil baru pasti akan lebih lembut. Hal itu tentu berbeda dengan suara mesin mobil yang sudah dipakai satu atau dua tahun. Sedikit berisik dan kasar.Suara mesin mobil yang tidak wajar yang terjadi pada mesin mobil biasanya adalah terdengarnya suara seperti ketukan.Jika suara ketukan ini masih terdengar teratur penyebabnya biasanya adalah pada sistem klep atau katup.Dalam keadaan putaran mesin lambat suara ketukan ini tidak tidak terdengar dengan jelas,namun pada saat putaran mesin dipercepat  maka bunyi ketukan tersebut menjadi terdengar keras dan jelas.

Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar


Gejala ini biasanya muncul dari ruang mesin. Lebih parahnya, suara kasar tersebut akan mirip dengan suara diesel. Kebanyakan pemilik mobil akan membiarkan saja masalah ini, karena kadang suara mesin akan kembali normal. Padahal, jika tak segera ditangani, akan berpotensi merusak komponen mesin lain di dalam kap mobil.


Suara berisik pada mesin mobil bisa juga disebabkan karena celah katup yang disetel terlalu longgar.Jika setelannya terlalu longgar dantidak sesuai dengan setelan spesifikasi pabriknya,hal inilah yang bisa menimbulkan suara berisik pada mesin dan efeknya masa kerja katup hisap dan katup buang jadi kurang efektif.Akan tetapi sebaliknya jika celah katup disetel terlalu kecil maka katup-katup tersebut cenderung dalam keadaan terangkat dan mengakibatkan kemampuan mesin menjadi menurun karena masa kerja katup hisap dan katup buang tidak sempurna dan kompresi mesin menjadi kurang baik.

Suara berisik pada mesin mobil bisa juga berasal dari komponen atau bagian lain yang mengalami aus atau kerusakan.Contohnya,pada saat mobil dihidupkan terdengar suara bising seperti ketukan logam  yang beradu.Jika pedal gas diinjak dan ditahan beberapa saat  suara berisik itu menghilang.Terkadang bunyi berisik terdengar saat  mobil diparkir terlalu lama atau pada pagi hari ketika mobil sedang dipanaskan.Suara berisik itu berasal dari rantai mesin atau timing chain yang telah aus atau rusak.

Lantas apa saja bebunyian itu? Apa saja kerusakan yang terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan Sarwani :

• Mesin gemerisik saat AC diaktifkan
Hampir semua mobil yang berusia di atas lima tahun pernah mengalami gejala seperti itu. atau bisa sobat cari tahu di sini tentang mesin bergetar saat ac dihidupkan,Suara yang gemerisik saat peranti pendingin ruangan (AC) diaktifkan bisa disebabkan oleh beberapa hal.Bantalan atau bearing Kompresor yang telah aus kerap menjadi biang suara berisik itu. Oleh karena itu, langkah pertama yang wajib Anda periksa adalah bearing kompresor. Bila ternyata kondisi komponen itu tak bermasalah, alihkan perhatian ke oli kompresor. Berkurangnya minyak pelumas kompresor karena adanya kebocoran atau jumlahnya yang menyusut karena penggunaan, juga memicu kompresor mengeluarkan suara berisik.
Namun, bila kondisi oli tidak bermasalah alihkan perhatian ke van-belt (V-belt). Tali yang telah aus atau kendor bisa memicu timbulnya bebunyian yang tidak wajar kala AC diaktifkan.Cara mengatasi, segera ganti komponen atau bagian yang bermasalah. Segera ganti oli kompresor AC bila sumber permasalahan ada di bagian itu.

• Bunyi mendengung di bagian mesin
Ada beberapa penyebabnya. Dua di antaranya adalah van belt (v-belt) yang terlalu kencang atau kendor, dan laher alternator yang aus. Selain menimbulkan suara mendengung, V-belt bermasalah yang tidak segera diperbaiki rawan putus. Bila hal itu terjadi, maka water pump mesin tidak akan bekerja dan suhu mesin pun meninggi atau overheating. Akibat lainnya adalah, alternator tidak berfungsi. Walhasil, pengisian arus listrik ke aki tidak akan terjadi dan mobil mogok.V-belt yang terlalu kencang juga menjadikan putaran alternator dipaksa melebihi kapasitas atau kemampuannya. Akibatnya laher alternator akan rusak dan menimbulkan suara mendengung.

• Suara gemuruh dari bagian kolong mobil
Suara gaduh tersebut disebabkan oleh komponen di bagian kaki-kaki mobil bermasalah. Biasanya suara ini muncul kala mobil melaju dengan kecepatan 50 kilometer per jam atau lebih.Karet bushing arm yang pecah atau telah aus, ball joint yang telah aus, tie rod, shock breaker yang telah aus adalah penyebabnya.Bila mobil Anda menggunakan stabilizer strut bar atau sway bar, karet di peranti itu yang telah aus juga menyebabkan suara mendengung di bagian kolong. Oleh karena sangat disarankan segera mengganti bagian-bagian yang rusak.

• Bunyi mendecit di luar dan di dalam kabin
Suara seperti itu terjadi karena ada gesekan antar logam. Oleh karena itu segera periksa sumber bebunyian tersebut dan lumasi dengan grease. Bila tidak, maka kerusakan akibat gesekan semakin parah dan merembet ke bagian lain.Sebaiknya menggunakan grease untuk melumasinya. Sebab grease lebih awet dan tidak menyiprat ke bagian-bagian lain

Suara mesin lebih kasar dari biasanya dan tersendat-sendat
Bunyi seperti itu bisa berarti gejala awal dari mesin mengelitik (knocking). Ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Kualitas bahan bakar yang jelek sehingga menjadikan pembakaran prematur, busi yang telah aus, serta oli yang bocor dan merembes ke ruang bakar mesin adalah beberapa di antaranya. Bila tak segera diatasi, lama-kelamaan mesin akan mengalami knocking.

itu dia sobat masalah-masalah dan penyebab suara mesin mobil terdengar kasar semoga artikel saya ini bisa bermanfaat.