Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memilih velg mobil-modifikasi velg mobil

Faktor-faktor yang perlu diketahui sebelum mengganti velg mobil-Mengganti velg adalah salah satu cara memodifikasi mobil yang umum dilakukan oleh pemiliknya. Cara yang satu ini dapat membuat mobil Anda seakan singkat memiliki tampilan baru yang lebih sporty. Akan tetapi mengganti velg tidak boleh sembarang pasang, karena ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda memodifikasi mengganti velg mobil Anda.

Tips memilih velg mobil-modifikasi velg mobil


Jangan asal pasang velg yang menurut Anda bagus dan akan memberi kesan sport pada mobil Anda. Ketahui dulu beberapa faktor ini sebelum mengganti velg-mu, karena jika tidak akan menjadi masalah mobil Anda. Dalih ingin terlihat gagah dan garang nanti malah berujung kerugian bagi Anda sendiri. Berikut faktor-faktornya.

Spesifikasi

Dalam ukuran, velg mobil memiliki satuan ukuran bernama PCD (Pitch Centre Diameter). Satuan ukur yang ditetapkan berdasarkan jarak antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya. Satuan ukur PCD ini dapat dilihat di spesifikasi yang tertera pada tiap velg. Ada beberapa varian satuan ukur PCD, antara lain seperti 4×100 yang berarti velg dengan 4 lubang baut dengan PCD 100 atau 5×114,3 yang berarti 5 lubang baut dengan PCD 114,3. Untuk mobil tipe MPV dan hatback biasanya PCD 100, mobil tipe SUV 114,3, untuk Mercedes 112, BMW 120, dan SUV yang besar 139,7.

Setelah itu adalah offset, yaitu ukuran jarak antar bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan / scrupt sett) velg pada kaki-kaki mobil. Ukuran offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, ini karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah bagian dalam velg yang bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil.

Simpelnya, jika (+) berarti mounting baut velg berada lebih dekat dengan bibir velg bagian luar. Sedangkan (-) berarti mounting baut velg berada lebih dekat dengan bibir velg bagian dalam yang menghadap ke kaki-kaki mobil, dan jika tertera di velg angka nol (0) berarti mounting velg berada di tengah antara bibir luar dan bibir dalam velg.

Kita ambil contoh cara membaca kode spesifikasi velg 7.5 x 17 kemudian 4/114.3 dan ET +40.

7.5 untuk ukuran lebar badan velg yang akan menyanggah ban sebesar 7,5 mm, 17 itu ukuran diameter velg 17 inchi, 4 untuk jumlah lubang baut, 144 untuk jarak antarlubang baut masing-masing 114,3 mm, dan +40 untuk menunjukkan bahwa mounting velg dekat dengan bibir luar velg yang berjarak 40mm.

Untuk melengkapi kegaharan velg di atas, Anda pun harus memadukan dengan ban yang pas ukuran serta yang berkualitas tinggi. Ban Dunlop memiliki pasangan yang cocok untuk velg di atas. Bagi kamu yang lebih mengutamakan kenyamanan ada di lini medium comfort, dunlop SP Sport LM704 yang ukuran 235/55R17 99V yang merupakan ban aman keluarga Indonesia karena mengusung kenyamanan.

Sedangkan bagi Anda yang menginginkan kesan supersport pada mobil Anda Dunlop Direza DZ101 cocok untuk keindahan dan ketangguhan mobil sport Anda. Ada 3 ukuran ban Dunlop ini untuk memuaskan keinginan Anda. Jika ingin terkesan super ceper ambil ban Dunlop Direza DZ101 ukuran 205/40R17 80W maupun215/40R17 83W karena aspek ratio atau jarak antara tapak bansampai bibir velg hanya 40 mm. ada 2 ukuran lagi yang lebih besar dari ini yakni 225/45R17 90W dan 235/50R17 96V.

Material

Velg aftermarket biasanya terbuat dari jenis logam ringan seperti billet steel, forged alloy, atau magnesium bila dibandingkan dengan velg standard yang umumnya terbuat dari material baja.

Dengan menggunakan velg yang lebih ringan namun berkualitas, maka bobot keseluruhan mobil dapat berkurang tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dan dengan kaki yang lebih ringan maka beban kerja mesin pun berkurang, yang secara otomatis turut mengurangi konsumsi bahan bakar.

Contohnya seperti Enkei, Speedline, TRD, Mugen dan Weld Racing yang tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inci dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan satu set.

Model

Tak dapat dipungkiri bahwa mengganti model velg dapat merubah tampilan dan meningkatkan keanggunan serta gaya sebuah mobil. Untuk itu sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera, seperti memilih aliran off road, touring, sporty atau elegance.

Saat ini di pasar aftermarket, tersedia berbagai pilihan model velg ada yang berbentuk satu bagian (one piece) hingga tiga bagian (three pieces). Namun kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Model one piece biasanya lebih tahan lama karena modelnya hadir dalam bentuk utuh. Tetapi, model ini biasanya memiliki bobot lebih berat dan memiliki pilihan motif yang terbatas. Sedangkan model three pieces unggul dalam hal komponen pengganti. Jadi bila salah satu bagian velg rusak, dapat diganti dengan yang baru. Dengan kata lain Anda tidak perlu repot mengganti seluruh roda. Selain itu, velg model 3 potong ini memiliki bobot yang ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mesin dan mobil dapat berakselerasi lebih baik. Namun model ini tidak sekokoh model one piece.

Bebeberapa contoh velg keluaran Eropa yang ditawarkan dengan konsep three piece diantaranya adalah AMG, Carlsson, atau Project Kahn. Alternatif lainnya adalah DPE, Vellano dan HRE yang merupakan produk buatan Amerika Serikat. Biasanya velg model 3 bagian tersebut memiliki ukuran relatif besar, mulai dari R 19 hingga R 22. Dan kisaran harganya mulai dari Rp. 60 jutaan (4 buah).

Sementara untuk model one pieces tersedia lebih banyak pilihan merek dan motif, Seperti K-Speed, Pegassus, BBS, Enkei, Lorinser atau 5 Zigen. Untuk ukuran R 16 hingga R 18 inci harganya berkisar antara Rp. 3 sampai 5 jutaan
close