Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Komponen Blok Silinder & Fungsinya Terlengkap

8 Komponen Blok Silinder & Fungsinya Terlengkap – Secara umum blok ialah tempat dimana sistem komponen-komponen yang sangat be pengaruh pada semua komponen yang berada di bagian luar.

8 Komponen Blok Silinder & Fungsinya Terlengkap
Blok silinder adalah merupakan bentuk dasar dari suatu mesin dan blok silinder ini terdapat beberapa silinder  untuk setiap silinder hanya terdapat sebuah piston yang di pasang di ujung batang piston,sedangkan untuk ujung torak yang lainnya berhubungan langsung pada poros engkol(crankshaft).


pada bagian atas kepala silinder di bagian dalam yang berbentuk sebuah ruang bakar serta di lengkapi dengan  katup hisap dan juga buang, pada katup-katup ini di gerakan oleh sumbu nok (camshaft), agar membuka serta menutup salluran pembuangan agar memperoleh tenaga.

Karena udara serta bahan bakar telah di campur dan di salurkan kedalam silinder dan juga gas yang telah terbakar maka di dorong keluar. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ialah komponen-komponen yang terdapat di dalam blok sylinder.

Komponen Blok Silinder

1. Piston (Seher)
piston ialah salah satu komponen yang fungsinya untuk gerak bolak balik yang  telah di hasilkan oleh poros engkol serta untuk melakukan siklus kerja dari hisap,kompresi,kerja serta buang.

2. Ring Piston
Ring piston ini berfungsi sebagai alat perapat di dalam kerja piston juga berfungsi sebagai pengikis oli serta untuk menahan terjadinya kebocoran pada saat terjadi pembakaran di dalam ruang bakar .

3. Batang Torak (Connecting Rod)
batang piston ini fungsinya sebagai penggerak piston yang di telah gerakan oleh poros engkol serta sebagai penghubung piston dan antara poros engkol.

4. Pulley CrankShaft
Untuk Pulley Crank shaft ini berfungsi untuk poros yang mana dihubungkan dengan poros lain seperti pada pulley Cam Saft, alternator, serta untuk memberikan tenaga putaran.

5. Metal
Fungsi  metal ialah melapisi atau menjadi sebuah bantalan untuk stang piston serta berfungsi untuk menjadi bantalan pada saat Crankshaft berputar, sebenarnya untuk metal sendiri terdapat dua jenis yaitu metal jalan dan juga metal duduk.

6. Engkol (Crankshaft)
Untuk poros engkol ini berfungsi sebagai komponen yang berguna untuk merubah tenaga pertikal (dari atas ke bawah), yang di hasilkan oleh piston menjadi tenaga rotasi atau putaran ,untuk  menggerakan camshaft serta merubah gerak putar bolak balik.

7. Water Jacket
pada blok sylinder bisanya terdapat lubang untuk tempat masuknya air pendingin yang disebut dengan lubang watet jacket. Untuk water jacket sendiri fungsinya sebagai ruang untuk jalur bersirkulisasi air yang gunanya  mendinginkan mesin, pada umumnya disebut dengan sistem pendingin yang berada di dalam.

8. Fly Wheel (Roda Gila)
Untuk fay wheel atau roda gila fungsinya sebagai penurus tenaga yang telah dihasilkan oleh mesin menuju ke sistem pemindah tenaga seperti pada kopling, plopoler shaft  dan tranmission.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat dan dapaat menambah wawasan dalam dunia otomotif dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.
close