Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bedakan Aki Soak dengan Aki Kurang Setrum dengan Cara ini

Bedakan Aki Soak dengan Aki Kurang Setrum dengan Cara ini-Pasti banyak dari Anda pernah mengalami mobil macet atau susah menyala saat parkir atau mau keluar dari parkir. Hal ini bisa  dikarenakan terjadinya masalah pada aki , aki mulai soak, atau aki yang hanya kurang setrum.

Bedakan Aki Soak dengan Aki Kurang Setrum dengan Cara ini
Nah membedakan kedua hal tersebut memang sulit jika pemilik tidak tahu tentang ilmunya. Pemilik mobil  dapat mengetahui perbedaan kedua hal tersebut dengan membaca tips satu ini.


Definisi Aki Soak dengan Aki Kurang Setrum:
Pertama–tama Anda harus mengetahui definis kedua hal tersebut. Aki soak artinya bahwa kemampuan komponen internal menyimpan energi listrik telah memasuki masa pensiun. Aki adalah baterai yang terisi ulang ketika mesin sedang dihidupkan.
Komponen aki ini memang tak bisa selamanya bisa bekerja dengan baik. Terlebih jika kita sembarangan dalam pemakaian kendaraan.
Jika soak, begitu mesin mati, tegangan yang disimpan tidak lagi normal buat menyalakan mesin lagi. Ketika kunci diputar saat menyalakan, mesin mobil tidak mau hidup. Salah satu indikasinya, suara dinamo starter terdengar lemah.
Aki tekor saat anda dalam perjalanan dikarenakan rusaknya dynamo isi pada aki kotor yang menyebabkan pengisian aki tidak masimal saat mesin hidup. 

Pemakaian aki yang tak sesuai dengan ketentuan yang disarankan untuk kendaraan juga menjadi salah satu faktor aki soak. Aki yang seharusnya 12 v 40 Ampere, namun diberikan aki yang hanya 20 Ampere. 

Indikasi mobil tidak mau menyala juga terasa sama bila aki kurang setrum, tapi penyebabnya berbeda.
Dikutip dari laman tribunnews.con, Birul, mekanik Shop & Drive di Pamulang, Tangerang Selatan mengatakan bahwa aki soak karena usia pemakaian, sedangkan kurang setrum bisa disebabkan energi terbuang saat mesin tidak hidup (proses pengisian).

“Misalnya lupa mematikan lampu waktu parkir. Setrumnya berkurang, mesin susah hidup,” ujarnya.
Aki mobil biasanya memiliki 12 volt, untuk dapat menyalakan mobil dibutuhkan setidaknya 9 volt. Aki soak tidak dapat diperbaiki dan harus segera diganti dengan yang baru. Sedangkan aki kurang setrum masih bisa diisi ulang kembali. 

Suhu temperatur yang terdapat di sekitar aki juga menjadi salah satu faktor aki bisa cepat rusak. Terlebih pada aki yang secara langsung terkena panasnya kipas radiator mobil. 

Soaknya aki bisa dilihat dari level air aki yang terlihat mengembang atau hancur. Level air aki harusnya berada di antara lower dan upper . Untuk itu, lebih baik anda mengganti aki tersebut,karena dengan melakukan pengecasan pada aki tidak akan membantu,Oleh karena itu sangat penting untuk kita merawat aki untuk memperpanjang keawetan aki mobil kita. 
close