Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara Membasmi Semut Di Dalam Mobil Dengan Mudah

Cara Membasmi Semut Di Dalam Mobil Dengan Mudah – Pernahkah anda pecinta otomotif menemukan semut masuk didalam kabin mobil, atau di dashboard mobil ataupun di jok yang mungkin cukup mengganggu kita pada saat mengemudi. Karena kehadiran semut-semut ini selain bisa mengganggu kenyamanan pada saat berkendara terkadang membuat malu kita bila sedang berkendara bersama teman,

Cara Membasmi Semut Di Dalam Mobil Dengan Mudah
Mungkin akan bertanya kok mobilnya ada semutnya! Pasti risih juga bukan, pada saat enak-enak mengemudi tangan ataupun kaki kita dikerubung oleh semut, jika terjadi hal tersebut pastinya mengganggu konsentrasi saat mengemudi malahan.


Penyebab Semut Membuat Sarang
Mengapa semut masuk ke mobil itu semua paling sering disebabkan karena adanya sisa-sisa makanan yang tercecer di dalam mobil misalnya seperti roti, permen, minuman manis, rempeyek, kerupuk, keripik dan makanan lain sebagainya.

Karena makanan yang mengandung karbohidrat dan juga gula ini menjadi kesukaan dari semut, oleh sebab itu hindarilah makan dan minuman di dalam mobil, atau jika anda terpaksa makan jangan sampai tercecer. Katrena minuman manis seperti teh botol dan minuman ringan lainnya juga hendaknya dibawa keluar pada saat mobil diparkir di garasi itu karena minuman manis ini juga merupakan kesukaan semut.

Karena penyebab yang kedua semut masuk ke dalam mobil karena semut sendiri ingin bersarang di mobil, karena mobil memiliki suhu yang relatif stabil (siang dan malamnya) hal tersebut yang membuat semut betah sertya ingin bersarang di dalam mobil.

Terlebih lagi bila garasinya kotor tempatnya semut dan banyak makanan tercecer, serta ruangan garasi yang berdekatan dengan tanaman seperti taman bunga atau buah maka akan menjadi penyebab semut dari bunga yang manis serta buah-buahan bersarang di dalam mobil. Biasanya mobil parkir dibawah pohon rindang dan sering kejatuhan ranting-ranting dimana pada ranting tersebut biasanya banyak semut-semutnya.

Pada  intinya kebersihan yang menjadi penentu mobil kita dihuni semut atau pun tidak, karena tidak hanya kebersihan di dalam mobil akan tetapi kebersihan pada garasi dan tempat parkir juga telah menjadi faktor utama semut akan membuat sarang di mobil kesayangan anda.

Cara Mengusir Semut Dalam Mobil
Bila  mobil sudah dibuat sarang semut maka anda mau tidak mau harus mengusirnya, untuk langkah pertama ialah dengan membunuh semut-semut tersebut supaya mobil bersih oleh keberadaan semut tersebut.

1. Memakai Racun Semut
Untuk cara yang paling mudah adalah dengan meracuninya, anda bisa membeli obat semut di toko pertanian. Biasanya obat semut ini ada yang bentuknya cair dan ada pula yang bentuk bubuk, untuk cara penggunaannya obat pembasmi semut ini dengan dicampur dengan air serta disemprotkan ke sarang semut.

Dan usahakan saat memilih obat pembasmi semut dengan sistem “kontak lambung”. Itu artinya semut akan mati bila terkena semprotan obat yang di campur air tadi, karena kebiasaan semut bila ada temannya yang mati maka akan digigit serta dibawa.

Maka otomatis pada saat semut yang hidup menggigit semut yang mati karena terkena racun maka tidak lama kemudian pada semut hidup tersebut akan ikut mati, begitu seterusnya hingga semut habis.

Dipasaran harga dari racun semut ini tidaklah mahal, yaitu sekitar 25 ribu racun tersebut bisa dicampurkan denga segalon air cukup murah bukan, dan untuk di mobil mungkin hanya butuh satu gelas aqua sudah cukup.

2. Menaruh Benda-Benda Yang Dibenci Semut

Karena dengan menaruh benda-benda yang dibenci semut, dan secara umum bau yang menyengat yang dibenci oleh semut seperti parfum mobil. Akan tetapi pemakaian parfum mobil ini kurang baik bagi kesehatan kita. Untuk beberapa benda yang dapat anda letakkan di dalam mobil untuk bisa mengusir semut antara lain adalah:

• Kayu manis
• Kapur barus
• Cengkeh
• Parfum mobil
• Kulit jeruk
• Bawang putih

3. Memakai Penyedot Debu
Dengan memakai penyedot debu, merupakan cara membersihkan mobil dari semut serta ceceran remah snack yang sangat mudah sekali menggunakan penyedot debu.  Untuk sasarannya yang pertama ialah kotoran sisa makanan, serta penyedot debu ini juga bisa mengurangi jumlah semut dalam mobil. bila mobil sudah bersih dari sisa makanan maka kemungkinan berar semut akan berpindah juga semakin besar

4. Dengan Menjebak Semut
Karena cara ini cukup unik yaitu dengan menjebaknya memakai remah roti atau biskuit serta memakai permen,  caranya letakkanlah remah atau permen pada selembar kertas kemudian anda letakkan di bagian lantai mobil atau pada bagian yang lain, kemudian tunggu 15 menit bila mobil sudah ada semutnya pasti umpan tersebut mulai didatangi semut,

Maka saat didatangi semut ini anda dapat mencari darimana asal semut datang kemudian anda tinggal menelusuri hingga ketemu sarangnya. Karena biasanya di sarangnya ini juga pasti ada ratunya. Kemudian setelah menemukan sarangnya pembaca TutorialOtomotif dapat meracuninya dengan memakai racun semut (kontak + lambung) supaya semua semut mati.

Catatan pada penggunaan racun semut ini juga sangat berbahaya bagi manusia, sehingga dalam kurun waktu pembersihan  sampai 1 minggu, bila terdapat makanan yang jatuh ke area yang anda semprot racun maka jangan diambil lagi atau biarkan saja bila perlu buang keluar.  Kemudian sudah seminggu maka semut sudah mati semua, maka anda dapat membersihkan semut yang mati dengan memakai lap dan air sekaligus membersihkan racun semut.

Menjaga Agar Semut Tidak Masuk Lagi Ke Mobil
Kemudian setelah mobil bersih tugas anda yang selanjutnya hanya tinggal menjaga mobil saja supaya kondisinya tetap bersih, untuk lebih jelas berikut ini adalah caranya:

• Yang pertama Jangan makan di dalam mobil atau bila memang harus makan jangan ada makanan yang tercecer

• Kemudian hindari menempatkan mobil di garasi atau tempat paekir yang kotor, baik itu kotor karena makanan, ranting, daun-daunan, tanaman, serta barang-barang tidak terpakai.

• Hindari untuk parkir dibawah pohon, karena seringkali semut berada di ranting-rantingnya yang mana bila rantingnya patah akan menjatuhi mobil kita maka otomatis ada semut yang masuk, terlebih mencium bau yang manis-manis.

• Karena membersihkan mobil secara rutin seminggu sekali ataupun dua minggu sekali bisa membuat hewan-hewan seperti semut dan kecoa tidak akan membuat sarang di dalam mobil.

• Bila anda tidak sempat membersihkannya secara rutin, bisa memakai kapur bagus atau kapur semut di area-area tertentu yang kemungkinan besar bisa dipakai sebagai sarang semut.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, serta bisa membantu anda jika mengalami masalah tersebut, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.