Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan saat Musim Hujan

Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan saat Musim Hujan-Setelah sebelumnya diberikan tips beberapa cara untuk tetap merawat kondisi mobil Anda saat musim hujan seperti mencuci dengan benar dan menyeluruh mobil dan memeriksa wiper.

Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan saat Musim Hujan


Langkah berikutnya untuk merawat mobil di musim hujan adalah dengan bersihkan mobil Anda secara menyeluruh. Bagian yang perlu dibersihkan adalah engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dll. Bekas air sehabis mencuci pada bodi mobil segera bersihkan agar tidak meninggalkan bekas.


Periksa sistem kelistrikan juga. Komponen sistem kelistrikan harus berfungsi dengan baik, Cek semua kabel apakah ada  yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain. Jangan lupa juga periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Instrumen switch lampu juga harus dicek ulang. Air yang masuk dalam sistem kelistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok.

Untuk pelengkap, Anda dapat mempersiapkan P3K di dalam mobil Anda. Perlengkapan lainnya seperti dongkrak, segi tiga pengaman, dan kotak P3K harus Anda  selalu bawa dalam mobil. Hujan tidak dapat Anda jadikan alasan untuk menghindari aktifitas Anda sehari – hari. 

Dengan perawatan yang benar pada mobil Anda, dan gaya berkendara yang sesuai dengan kondisi jalanan basah serta pengetahuan tentang merawat mobil di musim hujan yang cukup, Anda akan dapat melalukan aktivitas berkendara dibawah hujan dengan aman dan nyaman.