Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intake dan exhaust system-komponen fungsi beserta gambar lengkap

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan – Sistem pemasukan (intake system) terdiri dari saringan udara (air cleaner) dan intake manifold. Saringan udara membersihkan kotoran udara sebelum masuk ke silinder untuk bercampur dengan bensin, dan intake manifold menyalurkan campuran udara bensin ke dalam silinder. Udara mengalir dari saringan udara masuk ke karburator, dan campuran udara dan bensin yang disiapkan dalam karburator dipanaskan di dalam intake manitold oleh adanya pendingin yang telah panas atau gas buang. intake manifold dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membagikan campuran udara dan bensin sama rata ke semua silinder.

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

SISTEM PEMASUKAN DAN PEMBUANGAN (INTAKE AND EXHAUST SYSTEM)

Sistem pembuangan (exhaust system) terdiri dari exhaust manifold, exhaust pipe (knalpot) dan muffler. Exhaust manitold menampung gas bekas dari silinder dan mengeluarkan ke udara melalui knalpot. Mufller menyerap bunyi yang disebabkan oleh keluarnya gas bekas. Sistem exhaust termasuk juga catalytic converter, dimana gas bekas dibersihkan sebelum dikembalikan ke udara. Untuk penambahan ini ada beberapa macam perlengkapan emission control Iainnya. untuk lengkapnya lihat pada halaman berikutnya untuk lebih terperinci lagi.


SARINGAN UDARA
Udara luar biasanya mengandung debu. Bila debu masuk ke silinder-silinder bersama udara yang dihisap, hal ini akan mempercepat keausan dan mengotori oli pelumas. Akibatnya masa penggunaan mesin menjadi pendek. Oleh karena itu. debu harus dibersihkan dari udara yang masuk sebelum sampai ke silinder-silinder. Pada kendaraan, udara yang masuk dibersihkan oleh saringan udara, juga dapat mengurangi kecepatan udara dan memperkecil suara-suara berisik udara. Saringan udara harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin sebab elemennya berangsur-angsur akan tersumbat dengan debu dan tidak dapat memberikan udara yang cukup pada mesin, menyebabkan tenaga mesin turun.

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Seperti kita ketahui ada beberapa tipe saringan udara yang digunakan pada mobil-mobil, tipe saringan udara ini termasuk saringan udara tipe kertas. saringan udara yang elemennya terbuat dari baja wool yang direndam minyak (oil bath type). tipe siklon dan sebagainya. Pada umumnya banyak digunakan tipe elemen kertas. Sedangkan pre-air cleaner tipe siklon direncanakan khusus
untuk daerah yang berdebu, berpasir.
Saringan Udara Tipe Kertas

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Saringan udara ini terdiri dari elemen yang dibuat dari kertas atau kain. Elemen diletakkan di dalam rumah saringan udara (air-cleaner case, pada beberapa saringan udara yang menggunakan elemen ini dapat dicuci dengan air.

Belakangan ini beberapa saringan udara menggunakan element tipe axial flow. Saringan udara tipe axial flow, element elemennya dapat dibuat lebih kompak dan ringan

Pre-Air Cleaner

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Pre-air cleaner adalah sejenis saringan udara pusaran. Dengan efisiensi udara yang tinggi dan mempunyai bagian sirip yang memisahkan kotoran dari udara dengan adanya gaya sentrifugal. Debu ditampung dalam penampung khusus (dust trap). Tipe saringan udara ini sering kali tidak diperlukan penggantian elemen yang terlalu sering dibanding dengan tipe saringan udara lainnya.


Saringan Udara Tipe Oil Bath

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Saringan udara tipe ini berisikan oli di bagian bawah rumah saringan. Elemen dibuat dari baja wol. Partikel-partikel debu yang besar, kotoran-kotoran, pasir dan sebagainya jaiuh ke dalam genangan (rendaman oli). Udara yang dihisap melaiui elemen saringan telah dibersihkan oleh elemen yang terbuat dari baja wol tadi sebelum mencapai mesin.

Saringan Udara Tipe Siklon

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Saringan udara tipe siklon (cyclone type air cleaner) ini adalah salah satu saringan udara tipe kertas yang menggunakan kertas sebagai elemen. Elemen ini berbentuk sirip-sirip untuk menghasilkan pusaran udara. Sebagian besar partikel-partikel kotoran, pasir dan lain-lain ditampung dalam kotak saringan oleh gaya sentrifugal dari pusaran udara. Partikel-partikel yang kecil diserap oleh eiemen kertas. Perencanaan ini tujuannya untuk mengurangi tersumbatnya element saringan dan tidak dibutuhkannya perawatan yang terlalu sering seperti tipe lainnya.


SISTEM PEMASUKAN UDARA PANAS (Hot Air Intake)

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Campuran udara bahan-bakar lebih dingin dibandingkan dengan udara luar disebabkan kehilangan panas karena terjadinya penguapan pada bensin. Dengan alasan ini, campuran udara bahan-bakar tidak mudah menguap atau menjadi kristal dalam udara dingin, tidak seperti bila dalam udara panas. HAI (Hot Air Intake) suatu sistem yang dibuat untuk memanaskan udara yang dihisap dengan memanfaatkan panas dari gas bekas. Sejak adanya perlengkapan tambahan ini tidak ada masalah dalam pemanasan, pemanasan dapat berlaku secara manual atau otomatis. Pada sistem otomatis terdiri dari wax atau elemen bimetal. yang mendeteksi temperatur udara yang masuk dan menggerakkan sistem pada on atau off sesuai dengan keadaan temperatur.

Sistem Automatic HAI tipe bimetai mempunyai katup thermostatik (elemen bimetal) di dalam rumah saringan udara dan vacuum diaphragm pada saluran masuknya. Vacuum diaphragm bekerja dengan kevakuman dalam intake manitold dan mengontrol switch udara panas/dingin.

Belakangan ini sistim HAI juga termasuk sebuah katup wax (wax valve) dan katup HIC (Hot Idle Compensation). Sebagai tambahan pada switch otomatis udara panas atau dingin, digunakan untuk menjaga temperatur udara yang ke intake manifold dalam tingkat yang sesauai dengan temperatur bagian dalam mesin. Dengan kata lain, tipe sistim HAI baru ini memainkan peranan pada katup-katup HtC dengan baik.

MANIFOLD


Intake Manlfold

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Intake manifold mendistribusikan campuran udara bahan bakar yang diproses oleh karburator ke silinder-silinder. Intake manifold dibuat dari paduan aluminium, yang dapat memindahkan panas lebih efektif dibanding dengan logam lainnya, intake manifold diletakkan sedekat mungkin dengan sumber panas yang memungkinkan campuran udara dan bensin cepat menguap. Pada beberapa mesin, intake manifold letaknya dekat dengan exhaust manifold. Ada juga mesin yang water jacketnya ditempatkan di dalam intake manifold untuk memanaskan campuran udara bensin dengan adanya panas dari air pendingin.

Exhaust Manifold

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Exhaust manilold menampung gas bekas dari semua silinder dan mengalirkan gas tersebut ke pipa buang (exhaust pipe). Exhaust manifold dibaut pada kepala silinder. saluran manifold (manifold part) disambungkan langsung pada lubang gas bekas (exhaust port) pada silinder.

PIPA BUANG

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Pipa buang (exhaust pipe) adalah pipa baja yang mengalirkan gas bekas dari exhaust manifold ke udara bebas. Pipa itu sendiri dibagi beberapa bagian. pipa bagian depan (front pipe), pipa bagian tengah ( center pipe) dan pipa belakang (tail pipe). Susunan ini dibuat demikian untuk mempermudah saat penggantian catalytic converter atau mufler tanpa melepas sistem keseluruhannya.

CATALYTIC CONVERTER (OC, TWC)

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Catalytic converter merupakan komponen mufller dari emission control system. Bertujuan untuk mengurangi jumlah CO (carbon monoxide), HC (Hydrocarbon gas) dan NOx (oxides ol nitrogen) yang terkandung dalam gas bekas. Ada 2 tipe catalytic converter, tipe catalyst yang terkenal adalah : tipe pellet dan tipe monolithic.

Type Monolithic, belakangan ini lebih banyak digunakan pada kendaraan. sebab mempunyai tahanan gas buang yang kecil, lebih ringan dan membantu mempercepat pemanasan pada mesin dibandingkan dengan tipe pellet. Sebuah catalytic converter terdiri atas salah satu dari dua catalist yaitu : OC (Oxidation Catalyst) atau TWC (Three Way Catalyst). OC terdiri dari platinum dan palladium, yang dapat mengurangi CO dan HC. TWC mengandung platinum dan Rhodium yang dapat mengurangi CO dan HC terutama NOx.

MUFFLER

Sistem Intake Pemasukan dan Exhaust Pembuangan

Gas bekas (exhaust gas) dikabarkan dari mesin dengan tekanan yang tinggi (kira-kira 3-5 leg/cm2) dan temperaturnya sekitar 6OO-800°C. Besarnya panas ini kira-kira 34% dari anergi panas yang dihasilkan oleh mesin.

Bila gas bekas dengan panas dan tekanan yang tinggi seperti ini langsung ditekan ke udara luar, maka gas tersebut akan mengembang dengan cepat sekali, menyebabkan timbulnya suara ledakan yang keras. Muffler digunakan untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Gas bekas dikurang tekanannya dan didinginkan saat melalui Muffler.

Setelah membaca artikel ini di harapkan bisa memahami sistem dari Intake (Pemasukan) Dan Exhaust (Pembuangan)
Semoga Artikel ini Bermanfaat bagi kita semua
Salam Otomotif

close