Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Kopel Mobil Rusak Dan Cara Memperbaikinya

Ciri Ciri Kopel Mobil Rusak Dan Cara Memperbaikinya – Pada kali ini kami akan memberi informasi mengenai bagaimana ciri – ciri komponen cross jount As Kopel yang telah mengalami kerusakan atau rusak, yaitu terdengar bunyi pada saat berlangsung sentakan di saat kendaraan atau mobil bergerak dari kondisi kendaraan diam.

Ciri Ciri Kopel Mobil Rusak Dan Cara Memperbaikinya


Adapun pada saat anda sedang menginjak gas sesudah langkah menurunkan gas terdapat bunyi pada kolong kendaraan anda. Terus bagaimanakah cara untuk mengatasinya? maka simak saja informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengganti Cross Joint As Kopel Yang Rusak
Langkah awalnya, dongkrak mobil. Dan yakinkan terlebih dahulu bahwa kondisi kendaraan aman atau tidak dapat berkerak. Dan setelah itu bukalah keempat mur yoke yang berada pada sisi belakang. Selanjutnya  anda lakukan dengan kendorkan baut flens kopel yang dari as diferensial gardan.
Langkah selanjutnya anda harus melakukan dengan mencopot ke dua sisi propeller tersebut dengan cara menarik, untuk menariknya gunakan saja dengan memakai tangan, sehingga pada flens danAs kopel bisa terpisahkan.

Cara Mengganti Cross Joint As Kopel
Agar lebih mudah, bawalah kopel ke tempat yang agak sedikit luas. Setelah anda membawa ke tempat yang agak luas kemudian anda buka pada delapan ring atau klip yang berada di sambungan flens dan juga yoke. Cara membukanya gunakanlah tang snap ring dan  obeng min (-) untuk mencongkel serta  tariklah keluar.

Sebelum anda melepas komponen Joint tersebut, tandailah terlebih dahulu Yoke serta as kopel dengan memakai spidol. Karena hal tersebut di maksudkan supaya pada saat memasang kembali anda tidak merasa kebingungan lagi pas berada pada posisi semula. Dan dengan kendorkan nipel yang berada pada batangnya.

Cara ntuk melepas bearing pengikatnya, yang harus anda lakikan mengetok flans nya. Serta lanjutkan pada semua sisi dengan melakukan langkah yang sama seperti tadi sehingga ke empat bantalan bisa terlepas. Serta gunakanlah alat bantu pemegang jepit supaya tidak berubah pada saat di ketok atau pukul.

Maka bila kedua spider atau yang di sebut dengan Cross Jiont tersebut sudah lepas, maka bersihkan yoke, flens  beserta pula gerigi sambungan. Agar lebih bagus, gunakanlah hikat kawat dengan memaaki bensin ataupun bisa juga dengan solar untuk membersihkannya dari kotoran dan gemuk.

Dan Jangan lupa sesudah di bersihkan kemudian keringkan dengan memakai lap atau di semprot dengan udara bertekanan tinggi (kompresor).

Agar mudah untuk memasangnya, berilah sedikit paselin atau gemuk atau bisa stempelt pada bagian gerigi sambungannya. Dan selanjutnya berikan pula di dalam bantalan barunya. Dan Setelah itu barulah anda pasangkan X-Joint yang baru pada as kopel serta lanjutkan ke yoke nya. Langkah selanjutnya masukan juga bantalannya.

Lakukan dengan megetok lagi dengan memakai palu atau bisa juga dengan ujung kunci T sampai merata. Jangan sampai lupa juga untuk menguncinya lagi, dengan memakai snap ring. Dan langkah selanjutnya pasang nipel di Cross Joint dan Yoke pada posisi semula.

Langkah selanjutnya jangan lupa untuk pasang kembali nipel pada posisi awal serta beri gemuk atau paselin  pada ke empat ujungnya. Agar lebih baik gunakanlah alat pompa gemuk digunakan untuk memasukannya.

kemudian pasanglah kembali rangkaian komponen kopel yang telah di rangkai tadi. Langkahnya pun sama seperti langkah awal di atas tadi.

Demikianlah informasi bagaimana cara mengganti Cross Joint As kopel yang telah rusak. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda, dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini
close