Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mendasar Dari Transmisi CVT

Apa Perbedaan Mendasar Dari Transmisi CVT-Pemahaman yang memadai soal mobil yang dimiliki memang cukup penting, terlebih lagi jika kendaraan yang dimiliki cukup modern.

Perbedaan Mendasar Dari Transmisi CVT


Anda pun wajib mengatahui berbagai fitur yang disematkan pada mobil dan fungsinya. Selain itu, Anda juga harus paham benar soal cara penggunaanya.

Dengan memahami hal semacam ini dengan baik, Anda bisa menghindari human error yang bisa menyebabkan kegagalan fungsi pada fitur canggih di dalam mobil yang dimiliki.

Selain membuat malu, hal semacam ini terkadang juga bisa membuat masalah yang lebih serius seperti kerusakaan pada komponen tertentu.

Untuk itu, cari tahu dengan baik fungsi dan cara kerja dari fitur kendaraan Anda ya.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian transmisi continuously variable transmission (CVT) secara umum. 

Kira-kira apa yang membedakan transmisi CVT dengan transmisi konvensional matic dan manual lainnya?

Sebenarnya, transmisi jenis CVT tidak lagi menggunakan gigi atau tidak ada perpindahan gigi, itu salah satu yang membedakan dengan sistem transmisi otomatic konvensional.

Perpindahan kecepatan pada sistem CVT menggunakan sabuk/belt berdasarkan pada perbedaan diameter puli yang dilewati oleh sabuk penggerak. Sementara matic konvensional menggunakan oli dan torque converter untuk menggerakan perpindahan gigi.

Albiansyah mobilnya Honda CR-V manual kan? Kalau manual ya jelas tidak memakai CVT, hanya memakai kopling biasa dengan perpindahan gigi secara manual. 

close