Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Masalah Pengapian Mobil Kijang Super | Kijang Rover | Kijang Jantan | Kijang Grand Extra

Tips Mengatasi Masalah Pengapian Mobil Kijang Super | Kijang Rover | Kijang Jantan | Kijang Grand Extra-sekarang ane ingin ngebahas permasalahan yang sering di alamin sama si mobil kijang super nih, mungkin udah di bilang masalah ini lumrah terjadi gan, soalnya ane berpikir faktor usia si kijang gan, oke yuk kita bahas..

Ketika sebuah mobil masih menganut teknologi platina hal yang sering terjadi adalah platina yang sering terbakar dan platina sering cepat habis.

Hal-hal yang menyebabkan platina cepat habis dan cepat terbakar adalah:

Tips Mengatasi Masalah Pengapian Mobil Kijang Super | Kijang Rover | Kijang Jantan | Kijang Grand Extra
1. Coil Short.

Short bisa di akibatkan karena perubahan nilah tahanan Coil yang mengecil sehingga arus yang mengalir melalui platina menjadi besar sehingga platina lebih cepat terbakar dan habis.

2. Coil Racing.

Memakai Coil Racing yang masih menggunakan teknologi platina sudah pasti memangkas usia coil, dikarenakan nilai tahan coil racing terlalu rendah yang membuat kebutuhan arus semakin besar, sehingga platina lebih cepat terbakar dan lebih cepat habis.

3. Kondensor Dibawah Standar.

Ukuran kondensor yang kecil dari standar membuat platina cepat aus disebabkan api pada platina semakin membesar.

4. Nepel Aki Kendor.

Nepel pada aki mobil kendor menyebabkan arus listrik menjadi tinggi melebihi 15Volt yang menyebabkan rusaknya komponen listrik lain serta platina lebih cepat terbakar dan lebih cepat habis.

ada baiknya ente periksa aki mobil ente gan. Platina pada kendaraan memerlukan pergantian setiap pemakaian jarak 10.000 km. mengetahui platina masih layak atau sudah tidak bisa layak dapat agan lihat menggunakan mata biasa. kalau kondisi kontak poin masih tebal, agan tidak perlu menggantinya. cukup membersihkan dengan menggunakan amplas tipis, hingga permukaan kontak poin rata kembali.


Ada Juga Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Platina Adalah

A. Kontak permukaan yang kurang baik

mengakibatkan permukaan kontak mengecil, sehingga permukaan kontak cepat terbakar, kotor, aliran arus primer kecil, dan tegangan induksi koil pengapian menjadi kecil yang menyebabkan api busi menjadi mengecil yang menyebabkan mobil encok.

Tips Mengatasi Masalah Pengapian Mobil Kijang Super | Kijang Rover | Kijang Jantan | Kijang Grand Extra
B. Rubbing block sudah aus

sehingga celah kontak pemutus menjadi kecil, dan api pada kontak membesar, yang berkelanjutan kepada sudut dwell yang membesar sehingga koil lebih cepat panas dan disaat yang sama pengapian menjadi terlalu maju. dan juga membuat setelan celah ataupun cam dwell angle (CDA) tidak dapat bekerja secara maksimal. Untuk tindakan pencegahan perlu memperhatiakan pelumasa pada nok pemutus arus.

D. Sekerup pemutus arus yang aus atau kendor

mengakibatkan berubahnya celah kontak pemutus menjadi kecil, sehingga api pada kontak membesar, berakibat pula kepada sudut dwell membesar sehingga koil cepat panas.

E. Adanya bisul di permukaan platina

mengakibatkan pemakaian kapasitas kondensor yang kurang pas.

F. Menyetel platina ataupun sudut dwell kurang pas.

jika celah terlalu rapat, disaat platina mengalirkan listrik induksi primer akan dapat meloncat pada kontak platina, perubahan kemagnetan kecil sehingga induksi kecil, selain itu platina menutup menutup lebih lama dari semestinya, koil menjadi panas dan induksi koil lemah. dan begitupun sebaliknya.

G. Kontak pemutus arus lemah.

sehingga menyebabkan kontak platina mengambang saat putaran kencang, yang menyebabkan sudut dwell menjadi kecil begitupun tegangan induksi yang dihasilkan.

H. Kabel platina hubung singkat dengan bodi platina.

yang menyebabkan isolator terbuka dan terminal kabel platina menjadi rusak, sehingga disaat platina terbuka arus primer tetap mengalir dan juga tidak adanya induksi pada koil, serta tidak ada api dibusi mobil kijang ente.


I. Kabel platina putus.

sehingga tidak ada arus primer yang mengalir.

Adapun Cara Menguji Platina Dilakukan Dengan Cara Sebagai Berikut:

-   Putar engkol sampai platina membuka full.

-   Pasangkan volt meter pada terminal (-) di bagian koil dan di bagian massa

-   Kontakan kunci menjadi posisi ON

 -  Amati volt meter.

Tips Mengatasi Masalah Pengapian Mobil Kijang Super | Kijang Rover | Kijang Jantan | Kijang Grand Extra
jika volt meter keangka 12 volt, berarti baik. jika volt meter keangka 0 volt berarti terjadi hubung singkat pada kabel ke platina. dan mungkin tidak adanya arus dari baterai karena kabel atau kunci kontak tidak berfungsi.

oke sekian tips Tips Mengatasi Masalah Pengapian Mobil Kijang Super | Kijang Rover | Kijang Jantan | Kijang Grand Extra dari ane, semoga bermanfaat :)