Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

3 Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows 7

3 Cara Mengatasi / Menghilangkan Consider Replacing Your Battery di Windows 7-Pada kesempatan ini saya ingin berbagi terkait masalah yang saya alami. Masalah ini terkait pesan yang diterima dari windows computer yang menyebutkan bahwa “Consider Replacing Your Battery”.


Ini adalah pesan yang diingatkan oleh windows kepada pengguna bahwa kapasitas battery laptop / notebook sudah berkurang dari 40%. Pesan ini biasanya ditandai dengan ikon battery silang merah.


Kondisi inilah yang terjadi pada laptopku. Saya mencoba beberapa cara hingga kalibrasi namun gagal. Ini tidak membuat saya putus asa dan terus mencoba karena keyakinan bahwa battery masih bagus untuk digunakan.


Adakalanya windows 7 tidak akurat dalam mendeteksi kapasitas battery.Selain itu harga battery cukup mahal sehingga tidak perlu terburu untuk menggantinya. Melalui beberapa cara, akhirnya saya dapat mengatasi problem ini, antara lain :


Cara 1

Apabila muncul pesan Consider Replacing Your Battery, lakukan langkah dibawah ini :


Isi / Charge sampai full laptop anda, dalam kondisi mati ataupun dalam kondisi hidup tidak bermasalah. Bila dalam kondisi laptop hidup, setelah penuh battery (±100%) matikan laptopnya dan lakukan langkah 2.

Hidupkan leptop lalu tekan F8 3-5 detik hingga muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.

3 Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows 7


Perlu diingat bahwa beberapa tipe leptop menu Advanced Boot Options mungkin berbeda / tidak menggunakan F8 sehingga perlu dicaritahu.


Gunakan tombol gulir untuk pilih safe mode lalu tekan enter. Kemudian cabutlah charger baterai laptop.

Biarkan leptop tetap menyala tanpa melakukan aktivitas apapun hingga battery benar-benar habis. Setelah itu, charger leptop dan hidupkan lagi untuk di cek. Bila pada tahap ini tidak muncul pesan “consider replacing your battery” dan tanda silang merah maka selesai. Apabila pada tahap ini masih tetap muncul “consider replacing your battery” dan tanda silang merah tetaplah jangan putusasa dan cobalah cara 2.


Cara  2

Cara ini adalah untuk mengubah pengaturan daya. Cara dilakukan dengan :


Masuklah ke menu star dan pilih control penel

Pilih hardware and sound, power option danpilih change plan setting pada balanced (recommended)

Pilih advanced power setting dan gulir kebawah untuk melihat balanced ‘battery’.

Pilih battery danganti option low battery level untuk option on battery ke 5%, demikian juga pada critical battery level ganti option on battery ke 5% dan pada reserve battery level juga diganti option on battery level padakondisi 5%.

Pilih apply dan restart leptop / notebook.

Apabila pada kasus ini pesan “consider replacing your battery” masih tetap muncul. Cobalah untuk lakukan cara 3.


Cara 3

Cara ke-3 adalah melakukan update windows leptop / notebook :

Masuklah ke menu start pilih all programs

Kemudian pilih option windows update dan lakukanlah update keseluruhan windowsnya

Kemudian restart leptop / notebook

Saya telah berhasil mengatasi / menghilangkan persoalan. Semoga anda juga berhasil ya.


Sebagai tambahan apabila masih tetap muncul pesan “consider replacing your battery” hilangkan saja centang pada warn if my battery may need replacement.

3 Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows 7

Kalau peringatan seperti itu sering muncul di leptop itu bisa saja mengindikasikan kalau leptop kamu memiliki kerusakan di bagian hardware, nah ini sering terjadi saat membeli leptop bekas. Untuk menghindari hal itu, sebelum membeli leptop bekas alangkah baiknya untuk baca artikel tips membeli leptop bekas berkualitas, supaya temen-temen dirumah tidak salah pilih. Semoga uraian 3 Cara Mengatasi / Menghilangkan Consider Replacing Your Battery di Windows 7, dapat bermanfaat untuk seluruh pembaca.