Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Detailing mobil: Cara membersihkan jok mobil

Detailing mobil: Cara membersihkan jok mobil-Merawat atau merestorasi mobil mereka ke kondisi "seperti baru" adalah perhatian yang besar bagi sebagian besar pemilik mobil. Sebagian besar pemilik tertarik untuk melestarikan investasi mereka dan menikmati penggunaan penuh kendaraan mereka selama mungkin. Pemilik lain tertarik untuk mendapatkan kendaraan dalam kondisi terbaik untuk dijual atau nilai jual kembali yang baik. 

Detailing mobil: Cara membersihkan jok mobil

produk pembersih mobil, cara membersihkan jok mobil,


Yang lain mencoba mengembalikan kendaraan sebagai hobi, bergabung dengan banyak pemilik kendaraan klasik dan antik yang bangga. Konsumen ini menginginkan produk pembersih mobil berkualitas tinggi yang dapat menghidupkan dan menjalankan kembali mobil mereka dengan cepat dan dengan upaya sesedikit mungkin. Masalah khusus, terutama dengan kendaraan yang lebih tua, adalah pembersihan jok mobil. Apakah berbeda dengan pelapis furnitur? Bisakah jok dibersihkan di tempat atau perlu dilepas? Apakah perlu menggunakan produk yang dirancang khusus untuk kain interior kendaraan ini?


Bahkan kendaraan baru pun bisa kotor. Secangkir kopi yang salah tempat, krayon yang terlupakan dan meleleh, permen karet yang masuk ke mobil di sepatu pengemudi, atau anak anjing yang sakit dapat menimbulkan masalah pembersihan yang menakutkan. Jika masalah diabaikan saat masih segar, atau jika hanya dibersihkan sebagian dan kemudian mobil tua, itu bisa sangat sulit untuk dihilangkan. Itu selalu terbaik untuk mengobati noda segera.


Secara garis besar, produk yang sama yang membersihkan kursi kulit atau vinil juga harus bekerja pada interior mobil kulit atau vinil. Karpet otomotif harus merespons teknik yang sama seperti karpet rumah tangga, tergantung pada serat yang digunakan. Hal yang sama berlaku untuk penutup kain. Oleh karena itu, langkah pertama dalam membersihkan interior mobil Anda adalah dengan menentukan terbuat dari apa.


Kedua, cobalah untuk menentukan apa yang mungkin menyebabkan noda tersebut. Langkah ini bisa jadi sulit jika noda sudah ada cukup lama atau jika Anda baru saja membeli mobil. Coke dan tumpahan minyak dapat meninggalkan noda dengan warna yang sama, tetapi mereka merespons paling baik untuk berbagai jenis penghilang noda. Sangat penting untuk memilih produk pembersih mobil yang tepat untuk pekerjaan atau noda yang ada.


Noda yang tidak biasa harus dirawat terlebih dahulu sebelum mencoba membersihkan dan menyegarkan seluruh permukaan interior. Permen karet atau bahan lengket serupa harus ditangani dengan hati-hati. Produk sekarang tersedia yang akan membekukan mereka di tempat, mengubah susunan kimianya untuk menghilangkan goresan dengan mudah.


Noda lain, seperti pensil warna yang disebutkan di atas, juga memerlukan perawatan khusus. Krayon berbasis lilin tetapi juga memiliki pigmen. Penghapusannya mungkin memerlukan dua langkah dan dua produk yang sama sekali berbeda, tergantung pada seberapa menyatunya dengan kain. Produk yang dirancang khusus untuk menghilangkan krayon adalah langkah awal yang baik.

Noda makanan dan minuman berbahan dasar gula pada kain, bahkan yang sudah tua, dapat dihilangkan dengan penghilang noda yang baik. Langkah ini harus diikuti dengan pembersihan uap menyeluruh. Jika noda ini berada di lapisan vinil atau kulit, noda tersebut mungkin hanya reaktif terhadap pembersih noda. Noda berbasis minyak harus dihilangkan dengan pembersih gemuk yang baik seperti Penghilang Noda Gemuk Formula 21.


Setelah semua noda unik telah ditangani secara profesional, tergantung pada jenis pelapisnya, bersihkan interior secara menyeluruh dan menyeluruh. Kulit dan vinil dapat dibersihkan dengan produk yang diformulasikan khusus seperti Fuller Vinyl dan Leather Cleaner. Kotoran yang menumpuk di kursi tua juga dapat bereaksi terhadap pencucian dengan produk pembersih gemuk yang baik seperti Fulsol All Purpose Degreaser. Kursi kain dan karpet harus tahan terhadap pembersihan uap menyeluruh. Perawatan harus dilakukan agar kain tidak terlalu basah. Karena pelapis dan karpet tidak dapat dilepas hingga kering, kerjakan perlahan di area kecil, basahi permukaan hanya cukup untuk menghilangkan kotoran. Membiarkan pintu dan/atau jendela terbuka beberapa saat setelah pembersihan selesai juga dapat mempercepat waktu uji coba. Tanyakan kepada produsen sebelum merawat atau membersihkan kain antik dengan uap.


Dengan sedikit perencanaan dan ketekunan, dan dengan produk auto detailing yang tepat, Anda bisa menjadi ahli dalam membersihkan jok mobil.