Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

DJI SPARK tips drone terbang pakai batrei kembung

DJI SPARK tips drone terbang pakai batrei kembung-HAllo sobat drone pengguna drone DJI SPARK khususnya,pasti setelah lama sobat menggunakan dji spark pasti ada salah satu batrei kalian yang kembung dikarenakan berbagai faktor dan perlu sobat simak di postingan saya ini CARA MERAWAT BATREI DJI SPARK,

tips aman nerbangin drone dji spark dengan batrei kembung,batrei drone dji spark kita kembung masih aman digunakan bila kita perhatikan point-poin berikut ini:

Apakah Anda penggemar drone atau sedang tertarik untuk memiliki DJI Spark? Drone ini sangat populer karena ukurannya yang kecil dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengambil gambar udara. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, DJI Spark juga dapat mengalami masalah. Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh pengguna adalah baterai yang kembung saat terbang. 

DJI SPARK tips drone terbang pakai batrei kembung

Batrei adalah komponen sangat vital dari sebuah drone harus lah kita rawat dan hati-hati,kalau batrei drone DJI SPARK kalian sudah terlanjur kembung berikut ini saya akan berikan tips agar aman menggunakan batrei kembung saat terbang dengan drone DJI SPARK kita ,point -point penting yang harus diperhatikan bila kita terbang dengan batrei kembung,biar terjadi sesuatu hal yang sangat tidak kita inginkan yaitu DRONE jatuh saat kita terbang (pengalaman saya).

batrei drone dji spark kita kembung

ok langsung aja saya bahas tips aman nerbangin drone dji spark dengan batrei kembung,batrei drone dji spark kita kembung masih aman digunakan bila kita perhatikan point-poin berikut ini:

1. Pastikan pengunci rapat terdengar bunyi CETEK saat kita pasang batrei (tidak lepas ketika mode sport) .

karena saat batrei drone dji spark kita kembung ikatan ke pengunci akan semakin sedikit apalagi saat terbang batrei terasa panas dan semakin kembung dan keras,agar aman kita wajib perhatikan pengunci sudah rapat dan tisak terlepas saat terbang.

2. Cek voltase tiap Cell sebelum terbang (pastikan jika batre 100 %  tegangan tiap Cell 4.2 an)

cara cek voltase lewat aplikasi dji go dan buka pada settingan batrei nya ada gambar 3 cell batrei dan voltase nya wajib tiap cell batrei harus ber voltase 4.2 biar aman terbang drone kita.

3. Ketika terbang sesekali cek tegangan Cell nya ( pastikan indikator nya warna hijau , dan tegangan tiap2 Cell rata ) 

pada saat kita sudah terbang jarang-jarang coba cek tegangan batrei kita di menu aplikasi drone dji go kita di menu batrei dan pastikan indikator tiap cell nya berwarna hijau dan tegangannya rata.

4. Pastikan suhu batre kurang dari 60 °C 

(menurut pengalaman saya) 

5. Cek indikator  estimasi lama terbang ..(di layar atas garis di bawah indikator telemetri)  dan estimasi RTH ya. Pastikan harus cukup untuk menyelesaikan tugas saat kita terbang

6. Jangan terbang sampai critical Batre karena akan landing sendiri.

Dan juga perlu kalian perhatikan tentang ini,

kami akan berbagi beberapa tips yang berguna untuk mengatasi masalah ini.

1. Periksa Kondisi Baterai: Sebelum terbang, pastikan baterai DJI Spark Anda dalam kondisi baik. Periksa apakah ada tanda-tanda baterai kembung, seperti perubahan bentuk fisik atau perubahan pada permukaan baterai. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut, segera ganti baterai dengan yang baru.

2. Hindari Suhu Ekstrem: Jangan biarkan baterai DJI Spark terkena suhu ekstrem, baik itu suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi kinerja baterai dan menyebabkan baterai menjadi kembung. Pastikan Anda menyimpan dan menggunakan drone ini dalam suhu yang ideal.

3. Jangan Overcharge: Hindari mengisi baterai DJI Spark terlalu lama atau melebihi kapasitas yang disarankan. Overcharge dapat menyebabkan baterai menjadi panas dan memicu masalah kembung. Gunakan pengisi daya resmi dari DJI dan perhatikan indikator pengisian daya saat mengisi baterai.

4. Perhatikan Kondisi Penyimpanan: Saat tidak digunakan, simpan baterai DJI Spark pada suhu yang stabil dan di tempat yang kering. Jauhkan baterai dari paparan sinar matahari langsung atau kelembaban yang berlebihan. Hal ini akan membantu menjaga kualitas baterai dan mencegah kemungkinan baterai menjadi kembung.

5. Lakukan Pemeliharaan Rutin: Lakukan pemeliharaan rutin pada baterai DJI Spark, seperti pengisian ulang dan penggunaan secara teratur. Jangan biarkan baterai terlalu lama tidak digunakan atau sepenuhnya terisi. Hal ini akan membantu menjaga kondisi baterai dalam keadaan optimal dan mencegah masalah kembung.

6. Gunakan Firmware Terbaru: Pastikan Anda selalu menggunakan firmware terbaru untuk DJI Spark Anda. Firmware terbaru sering kali mengandung perbaikan bug dan peningkatan kinerja, termasuk masalah terkait baterai. Periksa secara berkala situs resmi DJI untuk memastikan Anda menggunakan firmware terbaru.

7. Jaga Kebersihan Kontak Baterai: Pastikan kontak baterai pada DJI Spark bersih dari kotoran, debu, atau korosi. Bersihkan dengan lembut menggunakan kain lembut atau sikat kecil. Kontak yang kotor dapat mengganggu aliran listrik dan mempengaruhi performa baterai.

8. Gunakan Baterai dengan Tepat: DJI Spark dilengkapi dengan fitur pencegahan berlebihan pada baterai, namun tetap penting untuk menggunakan baterai dengan tepat. Hindari penggunaan baterai yang sudah terlalu tua atau rusak karena dapat meningkatkan risiko baterai menjadi kembung.

9. Amati Indikator Baterai: Selalu perhatikan indikator baterai pada remote control saat terbang. Jika ada indikasi bahwa baterai DJI Spark sedang mengalami masalah, segera hentikan penerbangan dan periksa kondisi baterai. Jangan mengabaikan tanda-tanda awal masalah baterai.

10. Konsultasikan dengan Ahli: Jika Anda mengalami masalah yang serius dengan baterai DJI Spark, segera konsultasikan dengan ahli atau layanan pelanggan resmi DJI. Mereka akan dapat memberikan solusi yang tepat dan membantu mengatasi masalah baterai kembung dengan cepat.

bila indikator sudah menunjukan batrei lemah jangan dipaksakan terbang langsung kita RTH aja drone dji spark kita,jangan sampai batrei drone dji spark kita diambang critical batrei akan sangat bahaya drone kita bisa landing ataupun bisa terjun bebas,jadi jangan dipaksakan usahakan dibawah 20% drone dji spark kita sudah turun landing 

ok sobat drone itu dia tips agar aman saat kita menerbangkan drone dji spark kita dengan menggunakan batrei kembung,semoga artikel singkat saya ini bisa memberikan informasi buat kalian semua tentang batrei kembung drone dji spark agar aman saat terbang.

Kesimpulan

DJI Spark adalah drone yang menakjubkan, tetapi masalah baterai kembung dapat terjadi pada perangkat ini. Dengan mengikuti tips yang telah kami bagikan di atas, Anda dapat mengatasi masalah ini dan menjaga kinerja baterai DJI Spark dalam kondisi optimal. Ingatlah untuk selalu memeriksa dan merawat baterai dengan baik agar drone Anda dapat terbang dengan aman dan lancar.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda, Carfuse friends! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!


Cek postingan kita lainnya tentang dji drone: