Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara mengetahui sekring mobil rusak atau bagus

cara mengetahui sekring mobil rusak atau bagus-hallo sobat otomotif komponen sekring mobil memang kelihatan sepele padahal pengaruh dan kegunaan sekring mobil sangat lah penting,dan hampir semua jenis mobil pasti ada sekring atau fusebox disetiap komponen mobil,karena kegunaan nya yang wajib kita mengerti tentunya juga kita harustahu gimana cara mengetahui sekring mobil rusak atau sekring mobilkitamasih baik.

cara mengetahui sekring mobil rusak


dan kali ini saya akan memberikan tips cara mengetahui sekring mobil yang masih bagus atau sudah rusak,ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui sekring mobil kita rusak atau wajib diganti atau sebaliknya kondisi sekring mobil kita masih bagus.dan berikut ini cara periksa sekring mobil yang dapat kalian coba untuk memeriksa sekring mobil kalian:

1.dengan cara visual atau lihat kondisi sekring secara langsung

Periksa sekring di mobil Anda untuk memeriksa kontinuitas elemen sekringnya dibagian dalam,jika konektor kuningan  bagian dalam meleleh atau putus,tanda sekring da benar2 putus atau wajib diganti. tapi terkadang konector kuningan terlihat masih menyabung dan bagus tapi aslinya sekring sudah putus,untuk selanjutnya dan pastinya bisa dilakukan dengan cara yang kedua.

cara mengetahui sekring mobil rusak


2.periksa dengan multimeter(AVO)

pertama putar mode mulitimeter atau avo ke mode kontinuitas (ikon biasanya terlihat seperti gelombang suara),Kemudian, sentuhkan  kedua bantalan kontak sekring dengan probe multimeter. Jika sirkuitnya elemen dalam sekring masih bagus, avo akan berbunyi bip.

cara mengetahui sekring mobil rusak atau sekring mobil bagus


3.periksa sekring dengan Menggunakan penguji sirkuit

Penguji sirkuit adalah penguji tegangan atau lampu yang dihubungkan dengan kabel. Untuk memeriksa sekring Anda, Anda perlu menyalakan sirkuit yang rusak. Pertama, sambungkan satu kabel probe ke terminal baterai (-). Kemudian, sentuh salah satu bantalan kontak sekring dengan kabel probe kedua. Ulangi tindakan ini dengan panel kontak kedua. Jika satu terminal sekring memiliki tegangan dan yang lainnya tidak, itu berarti elemen fusible dalam sekring telah meleleh atau putus.

PERIKSA sekring mobil rusak atau sekring jelek


ok itu dia sobat otomotif cara memeriksa sekring mobil masih bagus atau sekring masih layak digunakan atau tidak,semoga informasi tentang sekring mobil ini bisa bermanfaat buat kalian terima kasih.