Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Bagaimana Cara Merawat Ac Mobil yang Benar

Ketika anda membutuhkan informasi seputar berita otomotif yang ada di Indonesia yaitu membahas kabar seperti Bagaimana Cara Merawat Ac Mobil yang Benar?

Halo gan, sedikit share ya tentang beberapa pengalaman dan juga cerita dari orang orang yang sudah berpengalaman dibidangnya. Merawat sesuatu boleh dibilang susah, pasalnya kita sendiri memiliki banyak kegiatan diluar sana, jadi hal hal untuk merawat suatu barang yang tadinya sudah direncanakan malah menjadi cerita saja. Namun kali ini saya akan tetap mengingatkan kepada agan agan semuanya ya. Mari yuk kita rawat setiap barang yang kita milikinya, luangkan sedikit wakatu agar apa yang kita miliki nantinya bisa berumur panjang hehe.

Cara merawat ac mobil supaya ac mobil tetaplah dingin serta udara dalam kabin lebih fresh. Umumnya ac mobil mulai bermasalah sewaktu penggunaan mobil mulai dua th. dari keadaan baru, itu juga bila ac mobil tidak diperlengkapi filter kabin dari baru mobil dibeli, problem awal yang umumnya muncul pada ac mobil yaitu angin ac kurang kencang serta angin ac nya kurang dingin.

Pada umumnya mobil baru, ac mobil yang mulai tidak dingin atau kurang merasa dingin ini tidak dikarenakan oleh problem tehnis (rusaknya) yang berlangsung pada komponen ac mobil dan terkadang juga AC Mobil Berisik berikut 7 Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik.

Namun karna keadaan evaporator yang mulai kotor dipenuhi debu atau seperti lendir, hingga hembusan serta hisapan angin atau aliran udara di dalam kabin kurang, serta tidak dapat untuk mendinginkan ruang kabin yang luas.

Gambar di atas yaitu keadaan Evaporator kijang Innova th. 2012 dengan km. tempuh 76000 km., bila diliat keadaan belum juga sangat kotor karna memanglah telah ada filter kabinnya, problemnya yaitu bau waktu ac dinyalakan karena lendir yg tidak dapat hilang sendiri serta melekat di Evaporator.

Cara Merawat Ac Mobil Anda

• Ketika Cuci mobil, jangan lupa bersihkan kondensor dari debu yang menempel dipermukaan kondensor dengan semprotan air.

• Menjaga kebersihan kabin dari debu-debu dan pasir yang biasanya suka bersenbunyi dibawah jok, dibawah karpet, konsol box dengan cara rajin vacuum. Agar debu tidak terhisap oleh blower ac dan masuk ke Evaporator.

• Pasang filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran agar Evaporator ac tidak cepat kotor.

• Periksa filter kabin dan bersihkan setiap service dengan cara disemprot angin atau vacuum atau pun ganti yang baru. Untuk filter kabin biasanya terletak diatas blower.

• Cek putaran extra fan jika mobil menggunakan extra fan, extra fan atau kipas kondensor akan berputar membuang panas kondensor saat ac hidup.

• Jika mobil tidak menggunakan extra fan seperti Avanza xenia, rush, vios dan lain-lain, periksa apakah kipas radiator berputar saat ac hidup, karena kipas radiatornya sekaligus berfungsi sebagai extra fan.

• Kurangi terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar, agar debu-debu dari luar tidak masuk ke kabin.

• Kurangi merokok atau tidak merokok saat ac mobil sedang dihidupkan, agar asap tidak masuk ke Evaporator.

• Hindari menggantung parfum yang tajam didekat putaran blower ac atau pun menaruh parfum di grill ac.

• Terkadang kita enggan melakukan perawatan terhadap ac mobil, biasanya hanya jika ac mobil sudah mulai bermasalah melakukan perbaikan, hal itu memang tidak bisa dipungkiri mungkin ada hal yang lebih penting, tapi setidaknya periksa filter kabin sebulan atau dua bulan sekali atau setiap service.

• Perhatikan rpm mesin saat ac hidup, Rpm mesin yang rendah saat ac hidup akan mempengaruhi dinginnya ac,seperti contoh masih di kijang innova tahun 2012 ini, akibat rpm ngedrop saat ac hidup, dingin ac kurang menggigit, setelah thottle body dibersihkan rpm saat ac hidup pun naik dan ac terasa lebih dingin lagi.

Demikianlah sedikit info dari saya tentang Cara Tepat Merawat Ac Mobil Supaya Tetap Dingin. Mudah mudahan bermanfaat ya ga. Terima kasih karena sudah mampir kesini. Silahkan dishare ya gan supaya yang lain pada tau info tersebut. Terima kasih karena sudah mampir kesini.