Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara Mengatasi Starter Mobil Yang Mati Total Dengan Mudah

Cara Mengatasi Starter Mobil Yang Mati Total Dengan Mudah-Mobil adalah salah satu kendaraan yang saat ini kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang ada di seluruh dunia, karena dengan menggunakan mobil sebagai kebutuhan sehari-hari kita dapat mempercepat atau mempermudah ke tempat yang akan kita tuju. Namun, jika kita tidak menjaga dan merawatnya dengan baik, tentu kendaraan yang kita miliki tersebut akan sering mengalami permasalahan.

Cara Mengatasi Starter Mobil Yang Mati Total Dengan Mudah

Cara Mengatasi Starter Mobil Yang Mati Total Dengan Mudah
Setiap kendaraan tentu ada beberapa hal yang sering kali menjadi permasalahan atau kerusakan, baik itu dari fitur-fitur yang disematkan maupun dari segi mesin kendaraan itu sendiri. Dan salah satu komponen mobil yang kerap mengalami masalah yaitu pada bagian starter. Starter mobil mati total ? Starter merupakan salah satu part atau komponen yang berperan penting bagi sebuah kendaraan, yaitu berfungsi untuk memudahkan dalam menghidupkan mesin kendaraan. Namun, bagaimana jika starter mobil yang kita miliki tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mati total, pastinya permasalahan tersebut membuat mobil kita mogok atau tidak bisa di jalankan. Hal semacam ini lah yang membuat kita menjadi kesal.

Namun, dari pada anda merasa kesal dan kebingungan, sebaiknya anda segera cari penyebab matinya starter pada mobil anda. Pada umumnya, ada beberapa masalah yang di percaya kuat sebagai penyebab starter mobil rusak hingga mati total, diantaranya seperti lampu dashboard mati kemudian lampu dashboard hidup dan pada saat dinyalakan keluar bunyi ngelitik ataupun lampu yang hanya berkedip dan lain sebagainya. Nah, untuk mengatasi permasalaha tersebut anda tidak perlu bingung dan cemas, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan sebuah tips untuk anda semua mengenai cara mengatasi starter mobil yang mati total. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Starter Mobil Yang Mati Total Dengan Mudah :


• Ketika Distarter Keluar Bunyi Ngelitik Yang Keras


Permasalahan ini merupakan salah satu ciri yang menandakan jika setrum dari baterai/aki lemah, sehingga tidak mampu memberikan arus listrik pada starter untuk menyalakan atau menghidupkan mesin mobil. Tetapi, apa bila starter dihidupkan kemudian muncul suara ngelik atau lampu kontrol dashboard yang berkedip, sebaiknya anda cek atau periksa terlebih dahulu pada bagian kleman kabel baterai/aki yang terdapat di kutub positif (+) dan negatif (-).

• Mesin Tidak Berputas dan Keluar Bunyi Kleek


Biasanya masalah seperti ini terjadi di sebabkan oleh salah satu sisi yang memang sudah aus, entah itu dari sisi gigi starter ataupun gigi roda gendeng yang sudah aus. Meski masalah ini di anggap masalah yang kecil, tetapi permasalahan ini juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebaiknya anda pergi ke bengkel service atau minta bantuan pada mekanik dinamo.

• Starter Mati dan Semua Lampu Kontrol Mati


Untuk masalah ini biasanya terjadi pada bagian setrum yang memang tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, anda bisa mengechek atau periksa bagian kabel bateri/aki, bisa jadi kabelnya mengalami kelonggaran. Namun, jika kabel baterai/aki posisinya baik dan masih dalam keadaan bagus serta masih memiliki setrum, silahkan anda cek pada bagian socket kunci kontak. Jika masalah tersebut tidak dapat diatasi sendiri dan belum juga berhasil, sebaiknya anda panggil mekanik yang memang sudah handal mengenai starter.

• Lampu Dashboard Nyala Tapi Starter Tidak Berfungsi


Nah, untuk masalah yang terakhir adalah pada saat anda menyalakan starter mobil dan di ikuti dengan kedipan lampu dashboard yang sedikit, biasanya disebabkan oleh dinamo starter. Untuk mengatasinya, silahkan anda periksa bagian sikringnya kemudian periksa juga kabel kecil yang terhubung pada dinamo, apakah kabel dinamo putus atau tidak. Jika tidak, sebaiknya anda segera tanyakan pada mekanik terpercaya.


Nah, itulah Cara Mengatasi Starter Mobil Yang Mati Total Dengan Mudah dari kami. Semoga apa yang telah kami berikan di atas tadi bisa menambah pangetahuan dan wawasan anda serta bisa menjadi gambaran ketika anda ingin melakukan perbaikan pada starter mobil anda yang mati total. Terima kasih dan semoga bermanfaat.