Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Kia Picanto Cosmo

Kelebihan dan Kekurangan Kia Picanto Cosmo-Kia Picanto Cosmo merupakan city car besutan produsen ternama korea yaitu Kia Motors. Kendaraan roda empat mungil ini hadir pertama kali pada tahun 2004 menggantikan pendahulunya yang sudah tidak diproduksi lagi yaitu Kia Visto. Kia picanto cosmo memiliki desain yang unit dan imut baik dari segi interior maupun eksteriornya. 

Kelebihan dan Kekurangan Kia Picanto Cosmo
Kia picanto cosmo diproduksi mulai tahun 2004 hingga 2011. Mengalami facelift satu kali pada tahun 2007. Yaitu perubahan lampu depan yang sedikit membulat memberikan kesan semakin imut lagi.

Kia picanto cosmo ditenagai dengan mesin 1.000 cc dengan kode mesin G4H6. Mesin city car ini memang didesain kecil, namun telah disesuaikan dengan bodynya yang mungil. Dengan power yang dihasilkan sebesar 64 HP pada putara 5.500 RPM dan torsi sebesar 94 Nm pada putaran 2.800 RPM. Mesin 1.000 cc tersebut sudah sangat memadai dalam menggoyang body Kia Picanto.

Spesifikasi Kia Picanto Cosmo


Dapur Pacu: Menggunakan mesin dengan kapasitas 1000 cc kode mesin G4H6 4 silinder segaris 12 katup SOHC.

Tenaga : menghasilkan 64 HP pada putara 5.500 RPM.

Torsi : menghasilkan 94 Nm pada putaran 2.800 RPM.

Sistem Penggerak : FWD / Penggerak Roda Depan

Transmisi : 5-speed untuk transmisi manual, 4-speed untuk transmisi otomatis

Suspensi : Depan McPherson strut independen,Belakang torsion axle beam.

Kompetitor : Hyundai Hyundai Atoz, Kia Visto, Suzuki Karimun, Chery QQ, Chevrolet Spark.

Tahun Penjualan : 2004-2011


Kelebihan KIA Picanto Cosmo


-Ukuran Mungil dan Ringkas

Kia Picanto memiliki ukuran body yang tergolong mungil dan ringkas dengan dimensi panjang 3,535 mm, lebar 1,595, dan tinggi 1,480 mm. Konsekuwensi dari ukuran ini membuat Picanto mudah untuk diparkir di tempat yang cukup sempit

-Fitur kabin cukup lengkap.

Fitur yang ada pada kabin kia pincato cosmo tergolong lengkap namun untuk versi CBU, sedangkan versi CKD ada sedikit pengurangan. Perlu diketahui untuk kia pincato keluaran 2004 dan 2015 adalah buatan CBU (buatan pabrikan asli di korea sana), sedang tahun 2006 hingga 2009 CKD (buatan pabrik Kia di Indonesia). Pengurangan fitur yang ada di Kia Picanto CKD misalnya pada power windows pintu belakang di tiadakan, diganti dengan tenaga otot, alias engkol pakai tangan, begitu juga dengan electric miror yang masih manual.

-Handling yang baik

Handling pada Kia Picanto tergolong cukup bagus, ukurannya yang mungil, suspensinya yang sedikit keras membuatnya cukup mudah untuk melibas lalu lintas kota yang cukup padat.

-Sparepart banyak.

Ketersediaan sparepart kia picanto cosmo in cukup melimpah, serta harganya relatif terjangkau

-Kabin luas untuk seukuran City car.

Untuk kategori city car, kabinnya cukup luas. Jangan dibandingkan dengan kendaraan roda empat yang bukan city car.

-Kursi baris kedua bisa dilipat

Kursi baris kedua kia picanto bisa dilipat, sehingga bisa lebih leluasa jika ingin diisi dengan muatan barang.

-Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi BBM atau bahan bakar minyak pada Kia Picanto Cosmo keluaran tahun 2004 hingga 2011 ini tergolong sangat irit. Untuk penggunaan dalam kota Konsumsi BBM Picanto Cosmo bisa memperoleh angka : 11 - 14km, sementara itu untuk penggunaan luar kota bisa lebih irit lagi, kendaaraan mungil ini bisa memperoleh angka 15 – 18 km per liternya.

Konsumsi BBM Kia Picanto Cosmo yang irit ini membuatnya cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian. Namun, kendaraan mungil nan ringkas ini disarankan menggunakan BBM beroktan tinggi misalnya seperti pertamax, jika ingin menggunakan pertalite atau premium, harus mau menerima konsekuensinya kinerja nya tidak seindah ketika menggunakan bbm pertamax. Bisa saja diisi premium, tapi harus sabar dalam perpindahan gigi. Misalnya ketika kecepatan rendah jangan menggunakan gigi tinggi, karena mesin akan mengelitik.

Kekurangan KIA Picanto Cosmo


-Minim fitur keselamatan.

Belum ada air bag dan fitur keselematan kekinian lainnya.

-Kurang nyaman jika baris dua diisi tiga orang

Namanya juga city car, yang memang digunakan untuk harian dengan sedikit orang, untuk kenyaman maksimal satu mobil ini empat orang saja.

-Harga jual kembali rendah.

Berbeda dengan merk Jepang, kendaraan buatan Korea ini anjlok harganya ketika dijual lagi. Jika kamu berencana membeli mobil untuk dijual lagi dan berharap harga mobilnya tetap tinggi. Coret Kia Picanto dari daftar pilihanmu.

-Suspensi keras

Suspensi kia picanto tergolong keras namun ada kelebihan yaitu handlingnya lebih bagus

Peredaman kabin kurang bagus.

Peredamannya memang enggak sebagus honda jazz, namun apabila ingin menambah peredaman dari produk aftermarket, biayanya tidak terlalu mahal, karena kia picanto memiliki dimensi yang mungil.

Itulah info mobil mengenai kelebihan dan kekurangan kia picanto cosmo, semoga dapat bermanfaat khususnya buat kamu yang sedang mencari city car yang hemat bbm dan harga yang murah.