Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Konsumsi BBM Honda Jazz all generasi

Konsumsi BBM Honda Jazz all generasi – Memang Jazz mempunyai varian dengan transmisi manual, dan tetapi transmisi inilah yang memang digadang-gadang menjadi salah satu komponen utama pada Honda Jazz generasi ketiga ini yang bisa membuatnya hemat bahan bakar. Berikut ini kami akan membahas konsumsi bahan bakar Honda Jazz.

Konsumsi BBM Honda Jazz all generasi

Konsumsi BBM Honda Jazz all generasi
Dan untuk soal mesin, Honda jazz tidak berbeda dengan generasi sebelumnya. Dengan unit mesin berkapasitas 1.497 cc dengan 4 silinder i-VTEC bisa menghasilkan tenaga 120 dk serta torsi maksimum 145 Nm/4.800 rpm yang masih digunakan.


Tetapi transmisi CVT Earth Dreams yang tentunya menjadi barang baru untuk Honda Jazz.  Dari hasil tes yang dilakukan kami sebelumnya, tidak ada lagi perpindahan gigi yang lambat dan canggung seperti transmisi otomatis pada Jazz generasi kedua. Tentunya hal ini menjadi kelebihan dari Honda Jazz teranyar.

Tetapi dikarenakan rute yang dilalui melewati beberapa kemacetan panjang dan yang cukup lama, konsumsi bahan bakarnya yang tertera pada MID juga merosot. Kecepatan rata-rata yang dapat diraih mobil  hanya sekitar 14,5 km/jam.

torsi 145 Nm yang tergolong lebih dari cukup memadai untuk anda membawanya melaju pada rute dalam kota. Dengan kondisi penggunaan AC dengan memakai kecepatan blower 1 serta temperaturnya pada level maksimal.

Pada kondisi berkendara ‘stop and go’ serta dengan gaya mengemudi hemat, akan muncul slip yang cukup terasa pada transmisi CVT Honda Jazz. Meskipun tidak berlebihan, tetapi hal tersebut membuat injakan pedal gas perlu dilakukan yang lebih dalam untuk menjalankannya. Sementara di sisi lain, kondisi tersebut membuat berkendara akan menjadi lebih smooth.

Maka selain itu, terdapat juga indikator lampu yang berwarna hijau, lampu tersebut yang menandakan Anda sudah berkendara dengan hemat bahan bakar. Konsumsi bahan bakar pada MID baru akan bisa membaik ketika Honda Jazz dibawa melaju dikarenakan transmisi jazz begitu responsif.

Berikut Konsumsi BBM Honda Jazz


Yang artinya kekuatan transmisi ini akan ada pada putaran mesin menengah. Tetapi hal tesrsebut tak banyak membantu dalam pencapaiannya karena pada rute dalam kota ini pada kecepatan rata-rata yang dapat diraih hanya 14,5 km/jam. Honda Jazz pun bisa mencatat konsumsi BBM 7,78 km/l.

Pada jalur atau rute jalan tol, konsumsi bahan bakar Honda Jazz dapat melonjak. Terlebih tidaklah sulit untuk dapat mencapai kecepatan minimal yang sudah ditentukan. Berkat transmisinya yang baik, peningkatan kecepatan itu juga dapat dicapai dengan begitu halus.

Dimulai dari kecepatan menengah sekitar (40 km/jam) ke atas, maka konsumsi bahan bakar di MID akan terus semakin hemat. dan di beberapa ruas tol yang relatif lengang seperti di tol Cipularang, maka konsumsi bahan pada MID dapat mencapai 19 km/l hal tersebut berdasarkan MID.

Yang artinya, pedal gasnya hanya perlu diinjak sedikit, Yang bisa membuatnya hemat BBM, honda Jazz hanya membutuhkan putaran mesin 1.800 rpm untuk dapat melaju dengan kecepatan 100 km/jam.

Honda Jazz juga tidak pernah kehabisan napas meski saat jalan menanjak di ruas tol.  Tetapi karena rute jalan ini juga diwarnai beberapa kali kondisi macet panjang, kondisi hemat BBM tersebut tidak bertahan lama.

Setelah melakukan pengisian BBM secara manual serta dihitung, pada rute yang dicapai sejauh 342,81 km ini Honda Jazz menghabiskan 20,31 liter bahan bakar Pertamax. Maka dengan kata lain perolehan konsumsi BBM  Jazz mencatat 16,8 km/liter

Sekedar informasi yang terbaru bahwa Jazz terbaru type Hybrid mampu tembus 36,8 Km/liter.

Demikian informasi yang dapat disampaikan menigenai konsumsi bahan bakar Honda Jazz, semoga dapat menambah referensi anda. Terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.