Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Merawat Aki Mobil Yang Benar

Merawat Aki Mobil Yang Benar-Battery atau aki berperan sangat penting dalam mobil, sebagai sumber listrik yang menyuplai energi ke beberapa bagian komponen kelistrikan seperti lampu, klakson, AC, starter hingga system audio video. Merawat battery atau aki sangatlah penting untuk dilakukan, terutama pada mobil yang masih menggunakan aki basah.

Merawat Aki Mobil Yang Benar

Merawat Aki Mobil Yang Benar
Merawat Aki Mobil Yang Benar

Merawat aki bukan hal yang sulit, merawat aki adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Dengan perawatan yang benar, selain kita terhindar dari masalah aki droup (tekor), juga akan memperpanjang umur aki itu sendiri yang juga berarti akan mengehemat banyak biaya. Dengan dilakukan perawatan yang baik, aki bisa bertahan hingga 3 sampai 4 tahun.


Hal-hal yang perlu dilakukan Merawat Aki Mobil:

1. Matikan Sistem Kelistrikan.

Ketika sedang memanaskan mobil, baiknya jangan Air Conditioning (AC) atau perangkat elektronik lain. Pasalnya, kondisi aki belum proses pengisian. Panaskan atau jalankan mobil sekitar 5 hingga 10 menit, agar aki bener-benar siap untuk menyuplai sistem kelistrikan.


 2. Periksa Level Cairan  Aki.

Rajin-rajinlah periksa level air. Memeriksa level air aki sangat penting dilakukan jangan sampai di bawah level minimum/low level. Mengisi air pun tak boleh lebih dari upper level. Karena, pada saat aki panas, air akan tersembur keluar bersamaan dengan uap yang sangat bersifat korosit. Penambahan air aki ini menggunakan air aki murni bukan air aki zuur.


 3. Perhatikan Kebersihan.

Perhatikan kebersihan permukaan aki pada kutub  negatif dan positif. Saat terminal aki kotor, arus listrik tidak bisa mengalir sempurna yang mengakibatkan pasokan listrik kurang. Selain itu lambat laun akan merusak terminal. Jika terlihat kerak berwarna kehijauan dan juga kotoran pada terminal aki, segera bersihkan. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan air panas secukupnya kemudian menyikatnya dengan sikat kawat. Setelah dibersihkan, kencangkan baut klem aki.


4. Pengecekan Daya Aki.

Untuk mengecek apakah aki dalam kondisi yang sehat atau tidak,  maka kita membutuhkan bantuan dari bengkel mobil atau spesialis aki. Hal ini dilakukan guna memeriksa apakah aki mobil masih bisa manghasilkan daya listrik sesuai spesifikasinya, serta bekerja dengan baik. Aki yang kekurangan daya akan mempengaruhi sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan.


5. Cek Kebocoran Aki.

Periksa apakah terjadi kebocoran pada aki. Hal ini  bisa terjadi pada badan aki maupun penutupnya.  Jika terjadi kebocoran dan tidak segera diatasi maka bisa merusak bodi atau komponen kendaraan karena sifat cairan aki yang korosif. Kebocoran pada badan aki harus segera ganti dengan aki baru sedangkan jika terjadi hanya pada tutup saja, bisa dikencangkan atau diganti tutup aki yang baru.

Tips Merawat Audio Mobil

6. Pemasangan Aki.

Ketika hendak membuka aki, dahulukanlah melepas pengait pada kutub negatif, kemudian barulah lepas pengait positif. Sebaliknya saat memasang, dahulukan kutub positif baru negatif. Tujuannya supaya tidak terjadi korsleting dengan body mobil.


Demikian cara merawat aki mobil yang benar dan yang perlu kalian sobat otomotif perhatikan,semoga bermanfaat,terima kasih.