Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI

TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI-Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi Yang FIT,Moment yang paling mengasikan bagi pekerja rantau adalah menjelang Hari Raya Idul Fitri, 99% perantau bersiap untuk mudik, tujuannya tidak lain adalah berkumpul bersama sanak-saudara menikmati kebersamaan hari Raya Idul Fitri. Mudik (Mulih Disik) telah menjadi salah satu tradisi khas lebaran di Indonesia. Ada beragam pilihan cara mudik, mudik dengan transportasi umum atau pribadi, lalu pilihan mudik dengan transportasi darat, udara atau laut.

TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI

TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI
TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI

Tidak sedikit orang lebih memilih mudik dengan menggunakan transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Karena, bisa menekan ongkos transportasi yang sangat siknifikan, namun masing-masing memiliki nilai plus dan minus.

Berikut tips yang wajib Anda cermati untuk mudik lebaran:

1. Kondisi Kendaraan Harus FIT.

Hal paling penting dilakukan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan Lakukan cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan Anda menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga. Untuk mobil, periksakan mesin, rem, oli, kaki-kaki mobil, radiator, head lamp, kondisi accu, dan kondisi roda ban, pastikan semua komponen mobil kondisi baik, begitu juga dengan motor.

Tips Dan Trik Mengatasi Mobil Matic Mogok Dengan Mudah

2. Hindari Muatan Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut penumpang yang melebih kapasitas dari kendaraan. Pada dasarnya, setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau penumpang sesuai kapasitasnya. Namun, jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang.


3. Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Membawa uang tunai tergolong penting, selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu debit atau kartu kredit sehingga membawa uang tunai yang cukup adalah sebuah keharusan. Sebaiknya sebelum mudik, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan. Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum.


4. Bawa Makanan Dan Minuman Yang Cukup

Kemacetan bisa terjadi dimana saja, seperti di dalam tol, di jalanan panjang atau jalanan kecil yang menjadi jalur mudik. Oleh karena itu, hal penting berikutnya adalah membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stress, Anda bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini bisa menyebabkan kehilangan kosentrasi saat menyetir. Hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar.


5. Aktifkan GPS Khusus

 bagi Anda yang tidak hafal jalan, atau tertarik untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan. Ada baiknya saat mudik, aktifkan selalu GPS atau google map di smart phone Anda. Pastikan baterai ponsel Anda mencukupi, bawa pula power bank untuk di perjalanan. Hal ini penting, jangan sampai waktu Anda habis hanya di jalan karena nyasar atau macet total.


6. Patuhi Lalu Lintas

 Maunya sih cepat sampai kampung halaman secepat mungkin, jadi kalau bisa tancap gas dan kecepatan lebih cepat alias ngebut di jalan. Hal ini berisiko terhadap keselamatan Anda. Sebaiknya, Anda memilih untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas saja dan berkendara sesuai dengan kecepatan normal. Tidak perlu ngebut atau selap-selip kiri-kanan, terobos rambu lalu lintas, yang nantinya bisa berujung kecelakaan.


7. Istirahat Saat Kelelahan

Perjalanan yang jauh dan macet akan membuat badan lelah. Jangan paksakan diri untuk terus menyetir jika Anda sudah kelelahan. Ambillah waktu untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat, misalnya di pom bensin terdekat atau tenda-tenda peristirahatan terdekat. Kembalilah menyetir ketika tubuh sudah kembali fit.


8. Utamakan Selamat Fakta umum di lapangan,

kecelakaan yang terjadi selama masa mudik lebih disebabkan karena kelalaian pengendara. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, sebaiknya Anda mengutamakan keselamatan saat memutuskan akan mudik dengan kendaraan pribadi. Ingat, tidak perlu egois saat berkendara di jalan, lakukan persiapan yang baik agar mudik tahun ini aman, nyaman, lancar dan selamat hingga tujuan Anda.


Itu dia sobat otomotif  TIPS MUDIK AMAN DENGAN KENDARAAN PRIBADI semoga bermanfaat bagi kita yang ingin melakukan mudik kali ini.