Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

Cara Memastikan Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Cara Memastikan Transmisi Mobil Matic Bermasalah-Adabeberapa gejala transmisi matic bermasalah. Cukup dengan mengikuti petunjuk di bawah ini, sekaligus melatih kepekaan rasa Anda saat berkendara atau menumpang mobil matic.

Cara Memastikan Transmisi Mobil Matic Bermasalah 

Cara Memastikan Transmisi Mobil Matic Bermasalah
Transmisi Mobil Matic Bermasalah 

Pada artikel kali ini, akan mengulas permasalahan/gejala awal yang timbul yang bisa menunjukkan transmisi matic mobil Anda bermasalah. Untuk pertanda kerusakan transmisi matic berhubungan dengan suara/bunyi “aneh”. 

Berikut ini gejala awal transmisi mobil matic bermasalah: 

1. Slip atau Los.

Gejala slip ini umumnya terjadi saat berlangsung perpindahan gigi automatis dari gigi 1 ke 2 dst. Pada mobil matic jenis CVT (continuously variable transmission) yang juga disebut  gearboxless (karena tidak menggunakan planetary gear set), gejala slip/los juga terkadang muncul. Umumnya terjadi saat Anda mulai menjalankan mobil atau pada saat melakukan akselerasi. Pemahaman slip/los, Jalankan mobil matic Anda dengan tuas diposisi D. kemudian injak gas. Pada mobil matic jenis AT saat terjadi perpindahan gigi otomatis normalnya terasa seperti mengayun. Bila terjadi slip, perpindahan gigi automatis tidak bisa berlangsung dengan sempurna. Tiba-tiba mobil kehilangan tenaga dan suara mesin meraung/nggereng. 

Sedangkan pada mobil matic jenis CVT, gejala slip umumnya berlangsung sesaat saja, pada awal tarikan. Gejalanya seperti tersendat.

Trik Mengendarai Mobil Dengan Perseneling Matic

2. Tersendat 

Pada mobil matic jenis AT, idealnya perpindahan percepatan automatis berlangsung mulus seperti mengayun. Nah ini terasa tersendat, seperti ada entakan. Entakan yang terjadi mulai dari lembut sampai kasar.


3. Tidak Mau Berpindah Gigi secara Automatis 

Mobil matic hanya bisa melaju pada satu gigi tertentu saja, misalnya di gigi 3. Tidak mau berpindah secara otomatis ke gigi lainnya, sekalipun laju mobil diperlambat atau dipercepat. 

Cara Memastikan Transmisi Mobil Matic Bermasalah 

Tuas Matic


4. Pergeseran Tuas Kasar/Menyentak 

Misalnya dari N ke D, berlangsung mulus. Memang idealnya saat tuas digeser dari N ke D, beban mesin bertambah sehingga jarum RPM akan sedikit turun pada kisaran 100 RPM. Masalah terjadi ketika tuas digeser dari N ke D, 3, 2 atau 1/L lalu terasa ada entakan kasar. Kondisi sama terjadi saat perpindahan tuas dari P ke R atau dari N ke R.


5. Sulit Digeser Tuas Transmisi 

Gejala awal transmisi matic bermasalah juga bisa saja muncul saat Anda menggeser tuas transmisi matic, tetapi seperti sulit digeser, sekalipun Anda sudah menekan knob.


6. Getaran Mobil Keras 

Gejala ini muncul saat mobil matic tengah melaju, lalu Anda mengerem. Menjelang berhenti mobil terasa bergetar, atau mesin nyaris mati. Dalam beberapa kasus, mesin mobil sampai mati.


7. Laju Mobil Tersendat 

Ketika mobil matic Anda sedang melaju dalam kecepatan tertentu (bisa saja rendah, sedang atau di atas 100 km/jam) lalu Anda melepas pedal gas dan perlahan kecepatan mobil berkurang, muncul gejala laju mobil tersendat sebelumnya akhirnya kembali normal.


itu dia sobat otomotif  Cara Memastikan Transmisi Mobil Matic Bermasalah dan cara merawat mobil matic agar tetap sehat juga sangat penting untuk perlu kita perhatikan semoga artikel ini bisa memberi informasi yang berguna bagi sobat otomotif.terima kasih.