Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Advertisement

Advertisement

honda jazz idsi kaki-kaki glodakan ini penyebabnya

Honda jazz idsi kaki-kaki glodakan ini penyebabnya-hallo sobat otomotif,kalian pengguna honda jazz idsi dan mobil honda jazz kalian terdengar bunyi glodakan di bagian kaki kaki depan atau saat melewati jalan tidak rata mobil terasa berisik banget.
kerusakan kaki kaki honda jazz idsi

banyak yang harus dicek saat mobil honda jazz idsi gelodakan atau berisik saat melewati jalan berlubang atau jalan tidak rata,Kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa komponen kaki-kaki honda jazz idsi yang bikin bunyi berisik serta gelodakan saat melewati jalan tidak rata.

Bunyi-bunyi yang terjadi di bagian kaki-kaki honda jazz idsi merupakan tanda adanya komponen kaki kaki honda jazz idsi yang rusak tentunya kerusakan tersebut ditandai dengan adanya bunyi berisik dan gelodakan

lebih enaknya kita harus kenal tentang part kaki kaki honda jazz idsi dulu sobat otomotif untuk komponen kaki-kaki yang ada pada bagian depan mobil honda jazz idsi adalah sebagai berikut:

1. Balljoint
2.Tierod dan long tierod
3.Bushing arm sayap
4. Shockbreaker
5.Joint dtabillizer dan bushing stabil
5. Karet suport
6. Asroda luar dan dalam
7. Rem cakram
8 racksteer EPS(electrik power steering

BACA JUGA: 

honda jazz gd3-jazz generasi pertama ulasan lengkap yang wajib kita tahu

ok langsung saja untuk kerusakan part honda jazz idsi diatas dan gejalanya akan saya bahas dibawah ini:

1• Kerusakan Balljoint honda jazz idsi.
Balljoint merupakan salahsatu part yang terhubung dengan sayap,arm dan bushing arm yang memegang pada knuckle roda bagian bawah . fungsi balljoint yaitu untuk memuluskan putaran roda ketika steer dibelokan ke arah kiri dan kanan.Kerusakan pada balljoint ditandai dengan adanya bunyi gluduk-gluduk ketika mobil tersebut melewati jalanan rusak tidak rata.

2. Kerusakan tierod dan longtierod honda jazz idsi.
Kerusakan pada tirod dan long tierod juga sama hal nya dengan balljoint yaitu bunyi gluduk-gluduk .selain itu juga bisa dirasakan pada bagian steer ketika di gerakan terasa speling dan mobil sulit dikendalikan ketika sedang jalan seperti steer narik kesatu sisi .Jika gejala seperti itu sudah anda rasakan sebaiknya melakukan pengecekan.Jika benar bahwa tierod dan longtierod honda jazz idsi suudah teridentifikasi rusak segera untuk melakukan penggantian sebelum kerusakan benar-benar parah.

3.Kerusakan bushing arm honda jazz idsi.
Rusaknya busing arm pada mobil honda jazz idisi ini biasanya ditandai dengan adanya bunyi decitan (kreot-kreot) seperti suara tikus berantem,karna karet bushing bergesekan ketika mobil berayun, hal ini bisa kita rasakan juga ketika melewati tanggul atau polisi tidur yang tinggi, jika kerusakan pada bushing arm sudah parah biasanya akan terasa bunyi jeduk ketika di rem.Hal ini diakibatkan karna karet bushing sudah pecah sehingga pipa bushing tengah beradu ke dudukan body.

4.Kerusakan shockbreaker honda jazz idsi.
Saat kita mengendarai sebuah mobil, tentu hal utama yang kita inginkan adalah sebuah kenyamanan.
Kenyaman itu sendiri bisa kita rasakan apabila tidak ada satupun kerusakan yang terjadi pada mobil anda terutama pada bagian suspensi. Suspensi merupakan serangkayan komponen kaki-kaki yang berfungsi memberikan kestabilan.Berbagai macam komponen kaki-kaki seperti tierod,tierod-end dan arm sebagai mana sudah kami uraikan diatas tentunya shockbreaker juga harus dalam keadaan normal dan masih berpungsi dengan baik.

5.Kerusakan joint stabillizer(link stabil) honda jazz idsi.
Dari namanya saja pasti anda sudah sangat tau bahwa
part joint stabil ini Fungsinya untuk kestabilan,link stabil ini terhubung pada ujung swing bar dan menghubung ke batang tengan shock absorber.Bentuk link stabillizer ini seperti batang besi pada umumnya namun pada setiap ujungnya terdapat bola-bola joint.

Fungsi bola-bola joint tersebut yaitu agar stabilizer bisa bekerja dengan baik dan mengikuti posisi roda meskipun dalam keadaan berbelok ke arah kiri dan kanan. Seperti yang kita ketahui bahwa susupensi depan honda jazz in merupakan suspensi machperson, yaitu shock breaker akan ikut berputar ketika roda membelok. Dan link ini akan memastikan stabilizer bisa bekerja pada sudut manapun.

Selain itu komponen yang satu ini berperan sebagai penyeimbang kestabilan.Kstabilan akan lebih terasa jika komponen yang satu ini masih dalam keadaan normal.Jika komponen ini rusak tentunya kestabilan pun akan berkurang, akan lebih berasa lagi ketika mobil melaju kencang saat menikung seakan mobil terasa tumpah dan oleng,
Oleh karna itu periksa komponen joint stabillizer mobil anda dan pastikan bahwa komponen tersebut masih bagus, jika sudah rusak segera untuk memperbaiki atau menggantinya, mengganti joint stabil tidak begitu sulit.

BACA JUGA : 

Honda jazz idsi Letak sekring dan kegunaannya


6.Kerusakan karet suport honda jazz idsi.
gejala yang dirasa jika karet suport honda jazz idsi sudah rusak yakni bunyi gluduk-gluduk halus saat melewati jalanan tidak rata.Untuk mengetahui ciri-ciri kerusakan karet suport honda jazz idis bisa anda perhatikan fisiknya saja.Caranya buka kap mesin mobil anda lalu perhatikan pada bagian atas karet suport.Jika karet suport sudah rusak bisa ditandai seperti karet suport shock terlihat terangkat atau posisinya sudah miring(kurang presisi).

itu dia sobat otomotif kerusakan kaki kaki di mobil honda jazz idsi,mobil honda jazz idsi anda gelodakan atau berisik saat melewati jalan tidak rata.bisa sobat cek part diatas tadi dan lengkap dengan gejalanya di mobil honda jazz idsi,semoga bermanfaat.